Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Contoh Soal Uji t: Paired Sample t Test + Analisisnya - Bagian I

El Heze
T paired digunakan untuk menguji dua sampel yang berpasangan apakahkeduanya mempunyai rata-rata yang secara nyata berbeda ataukah tidak. Sampel berpasangan (paired sample) adalah sebuah sampel dengan subjek yang sama, namun mengalami dua perlakuan atau pengukuran yang berbeda

Seperti seorang salesman yang bekerja tanpa sebelumnya mendapatkan training, bagaimanakah efektivitas training tesebut terhadap kemampuan menjualnya, apakah ada peningkatan atau tidak. Disini sampelnya tetap salesman yang sama, tetapi mendapat dua perlakuan yang berbeda, yaitu kondisi sebelum dan kondisi sesudah training.

Pada pos ini, saya akan memberikan contoh soal paired t-test. Berikut contoh soal paired sample t-test dan analisisnya. 

Kelas kursus Bahasa Inggris SMART yang terdiri dari 31 mahasiswa yang telah mengikuti ujian Bahasa Inggris. Karena hasil ujian tidak memuaskan, maka seluruh mahasiswa diberikan pelatihan ulang yang diberikan oleh Pak Amir dan setelah itu mahasiswa melakukan tes. Pak Bambang ingin menguji, apakah terdapat perbedaan nilai mahasiswa sebelum mendapatkan pelatihan oleh Pak Amir dengan mahasiswa setelah mendapatkan pelatihan oleh Pak Amir ?

Sebelum saya membahas lebih dalam, silahkan anda download free terlebih dahulu contoh soal untuk paired sample t test disini: Contoh Soal Paired Sample t-test. 

Kemudian buka software SPSS anda, dan lakukan langkah-langkah pengujian sebagai berikut: 

1. Masuk SPSS --> Variable View


Pengisian:
- Pada kolom Name isikan Nama Siswa, Nilai, Nilai2. Jangan lupa untuk mengubah nama siswa dengan data string pada kolom Type. 


2. Masuk SPPS lalu klik Data View (di bagian bawah) dan isikan Data berikut (klik gambar untuk memperbesar): 


3.   Pilih Analyze à Compare Mean à Paired-Samples T Test


Sehingga akan tampak tampilan seperti dibawah ini: 


Pengisian:
- Paired Variable atau variable yang akan diuji. Klik variable Nilai dan masukkan pada variable 1 dengan klik tanda panah ungu.

- Klik variabel Nilai2 dan masukkan pada variable 2. Sehingga pada Paired Variables akan terlihat Nilai..Nilai2. Perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya:


Pada uji paired sample t test, harus ada dua variabel yang dipilih secara bersama-sama. Jika hanya satu variable, maka SPSS tidak bisa masuk dalam kolom Paires Variables. 

4. Kemudian klik OK dan anda akan melihat outputnya. Anda bisa lihat output dan interpretasinya disini: Contoh Soal Uji t: Paired Sample t Test + Analisisnya - Bagian II. 

0 comments:

Post a Comment