Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

El Heze
Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan produk domestik bruto dari suatu negara atau daerah. Pertumbuhan ekonomi meningkat apabila persentase kenaikan pendapatan domestik bruto (PDB) lebih tinggi dibandingkan perioda sebelumnya. 

Namun, kenaikan PDB tidak disertai dengan perhitungan persentase terhadap tingkat pertumbuhan penduduk. So, kalau disimpulkan, pertumbuhan ekonomi merupakan suatu keadaan dimana terjadi kenaikan PDB, tanpa memandang apakah kenaikan PDB lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk

Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang bertujuan menaikkan PDB suatu negara atau daerah dalam jangka panjang. Kenaikan PDB tersebut lebih besar daripada pertumbuhan penduduk. 

Jadi, kalau disimpulkan pembangunan ekonomi adalah suatu PROSES yang bertujuan untuk menaikkan PDB suatu negara atau daerah melebihi tingkat pertumbuhan penduduk. Di dalam pembangunan ekonomi, kenaikan pendapatan diikuti juga oleh perubahan struktur sosial dan sikap masyarakat. 

Tujuan pembangunan ekonomi selain adanya kenaikan pendapatan adalah perbaikan kondisi di luar aspek ekonomi, seperti perbaikan lembaga pemerintah, perbaikan sikap dan usaha memperkecil jurang pemisah antara yang kaya dengan miskin. 

Menurut Profesor Dudley Seers, pembangunan ekonomi ini menekankan pada tiga hal penting: Kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan. Pembangunan ekonomi dikatakan berhasil apabila pendapatan per kapita masyarakat meningkat (kemiskinan berkurang), tingkat pengangguran turun, dan kesenjangan sosial (miskin dan kaya) berkurang. 

PERBEDAAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PEMBANGUNAN EKONOMI

1. Keduanya sama2 menekankan kenaikan PDB. Namun, pertumbuhan ekonomi hanya menekankan kenaikan PDB tanpa membandingkan dengan pertumbuhan penduduk. Sedangkan, pembangunan ekonomi disebut ada kenaikan PDB apabilan kenaikan PDB melebihi laju pertumbuhan ekonomi. 

2. Pertumbuhan ekonomi hanya melihat kenaikan tanpa melihat akibat atau perbaikan kondisi yang ada. Jadi, penekanan pertumbuhan ekonomi hanya pada pertambahan sarana, seperti pertambahan mesin, jembatan dan lain2. 

Sedangkan pembangunan ekonomi tidak hanya menekankan pertumbuhan secara fisik, namun juga perbaikan kelembagaan, kondisi ekonomi, sikap, dan struktur yang ada. 

0 comments:

Post a Comment