Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Contoh Soal Two Way Anova + Analisis - Bagian I

El Heze
Anova dua jalur atau Two Ways Anova memiliki perbedaan dibanding anova satu jalur (one way anova). Perbedaannya adalah pada jumlah variabel independen. Pada anova satu jalur hanya ada satu variabel independen, sementara pada anova dua jalur ada dua atau lebih factor (grups) dan terdapat satu variabel dependen.

Kasus Two Way Anova
Seorang peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan gaji dilihat dari kategori pekerjaan dan gender. Jumlah sampel diambil sebanyak 45 orang yang berasal dari gender wanita dan pria. Contoh data penelitian bisa anda unduh disini: Contoh Soal Two Way Anova. Untuk bisa download file nya dalam bentuk excel, anda tinggal klik menu "unduh" di bagian bawah.  

Setelah anda mendapatkan contoh soal two way anova dalam bentuk excel, langkah selanjutnya silahkan buka SPSS anda. Lakukan langkah2 pengujian SPSS adalah sebagai berikut:

1. Buka menu Variable View pada SPSS (ada di bagian kiri bawah)


Pengisian: Isikan Gender, Masa dan Gaji pada kolom Name 


Klik tabel Values untuk Gender isikan:

- 1: Pria
- 2: Wanita, seperti pada gambar dibawah ini:


Klik tabel Values untuk Masa dan isikan:

- 1: <5 tahun
- 2: <10 tahun
- 3: > 10 tahun, seperti pada tabel dibawah ini:  


2. Kemudian setelah itu masuk ke Data View (bagian kiri bawah sebelah Variavle View), dan isikan data persis seperti yang ada dibawah ini: 


3. Pilih menu Analyze --> General Linear Model --> Univariate.

Pengisian:

- Dependent variable. Pilih gaji
- Fixed Factor(s). Pilig Gender dan Masa

4. Pilih Options. Isikan Descriptives Statistics dan Homogeneity Test


5. Klik Post Hoc. Pengisian:
  • Pada kotak Post Hoc Test for isikan Masa. Gender tidak perlu dimasukkan karena hanya terdiri dari dua kelompok. Banyak sedikitnya kelompok pada Factor (grup) nantinya akan berpengaruh pada output Post Hoc. Output Post Hoc tidak akan menampilkan kategori variabel independen yang kurang dari 3 (contohnya adalah gender yang hanya terdiri dari pria dan wanita). Oleh karena itu, variabel Gender tidak perlu dimasukkan.
  • Centang Bonferroni dan Tukey
  • Klik Continue


Setelah itu klik OK. Lalu akan muncul output untuk two ways anova. Output two ways anova, interpretasi dan analisisnya bisa anda baca di bagian II: Contoh Soal Two Way Anova + Analisis - Bagian II.

0 comments:

Post a Comment