Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Awal Tahun 2017, Dana Asing ke Indonesia Meningkat

Sejak Bulan Januari 2017 hingga pertengahan Februari 2017 ini, menurut catatan Bank Indonesia (BI), dana asing yang masuk ke Indonesia mengalami peningkatn dibandingkan perioda yang sama. Dana asing hingga Februari 2017 meningkat jadi 26triliun. 

Dengan kata lain, cadangan devisa Indonesia semakin besar. Hal ini berdampak positif bagi transaksi ekspor - impor Indonesia. Kenaikan dana asing ini salah satunya ditopang dari kenaikan portofolio investment ke Indonesia, dan pada saat yang sama, Indonesia juga melepas hasil ekspor ke luar negeri, sehingga ketersediaan valas meningkat. 

Dengan meningkatnya dana asing yang masuk ke Indonesia, menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan investor asing terhadap iklim bisnis dan ekonomi Indonesia. Tahun 2017 ini, terlihat bahwa ekonomi Indonesia sudah ada tanda-tanda akan bangkit.

Indikator pulihnya ekonomi Indonesia. Beberapa diantaranya tampak dari mulai aiknya harga2 komoditas, nilai tukar Rupiah yang tampak sudah mulai membaik, dan banyaknya emiten yang sudah mulai mampu mencatatkan kenaikan laba dan perbaikan kinerja.

Di satu sisi, lembaga survei bank dunia juga sudah melakukan kajian terhadap ekonomi Indoensia, dan hasilnya positif. Lembaga pemeringkat ekonomi Indonesia, yaitu Fitch dan Moody's Rating menyatakan bahwa outlook ekonomi Indonesia meningkat dari netral menjadi positif. 

Ini artinya, ekonomi Indonesia kini menjadi salah satu tempat yang bagus investasi. Naiknya outlook ekonomi Indonesia, bisa menjadi peluang lebih besar untuk menjaring investor asing lebih besar, sehingga cadangan valas Indonesia bisa semakin besar.  

So, mari kita semua turut menjaga iklim bisnis, investasi dan ekonomi Indonesia. Dengan terjaganya iklim ekonomi yang baik, cadangan devisa Indonesia juga akan mengalami peningkatan yang berdampak positif pada transaksi luar negeri.  


0 comments:

Post a Comment