Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Kegunaan dan Cara Membaca Catatan atas Laporan Keuangan

Setiap laporan keuangan perusahaan go public akan selalu menampilkan laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas. Namun, ada satu lagi yang perlu anda perhatikan dalam laporan keuangan, yaitu catatan atas laporan keuangan (CALK). Dalam laporan keuangan, posisi CALK ditempatkan setelah laporan arus kas. Baca juga: Jenis-jenis Laporan Keuangan Perusahaan. 

CALK menunjukkan catatan keterangan dari angka2 yang didapatkan dari setiap akun di laporan keuangan. Masih bingung? Saya kasih satu contoh. Misalnya perusahaan memiliki kas sebesar 1 miliar. Jumlah kas 1 miliar di laporan posisi keuangan (neraca) sesungguhnya masih belum spesifik. Para pembaca laporan keuangan mungkin saja bingung apakah 1 miliar ini adalah adalah murni dari kas, atau ada yang berasal dari deposito, bank, investasi jangka pendek. Selain itu, para pembaca juga tidak tahu dari mana datangnya "Kas" Rp1 miliar tersebut. 

Oleh karena itu, di laporan keuangan ada yang namanya CALK. CALK ini menjelaskan darimana asal muasal angka2 di laporan keuangan perusahaan. Cara membaca CALK cukup mudah. Berikut adalah contoh laporan keuagan PT Indofood Tbk (INDF) untuk tahun audit 2015. 

Perhatikan, setiap laporan keuangan perusahaan go public, selalu menampilkan "Catatan". Saya ambil contoh akun kas. Pada kas INDF terdapat catatan dengan nomor 2,5,36,37,40. Arti catatan tersebut adalah: Rincian akun kas yang dimiliki INDF sebesar 13.076.076 (dalam jutaan), dapat dijelaskan melalui CALK pada nomor 2, 5, 36, 37, dan 40. Catatan2 tersebut dapat anda cari pada halaman laporan keuangan setelah laporan arus kas pada bagian catatan atas laporan keuangan.  

CALK tersebut menjelaskan dari mana angka pada akun kas sebesar 13.076.076 didapatkan. Misalnya, saya ambil CALK nomor 5 di laporan keuangan INDF. Perhatikan CALK INDF dibawah. 




Ternyata, kas yang diperoleh Indofood berasal dari Bank BCA, Bank Danamon, DBS Indonesia dan lainnya. Kas Indofood tidak hanya berasal dari kas, namun juga dari  setara kas, yaitu deposito. Itulah cara membaca CALK. Jadi, kalau anda bingung darimana angka2 pada laporan keuangan perusahaan didapatkan, anda tinggal melihat CALK perusahaan. Tujuan adanya CALK tentu saja sebagai pengungkapan atas angka2 yang ada dalam laporan keuangan. Dan supaya memudahkan para investor dan calon investor untuk menelusuri angka2 di laporan keuangan. 

Bagi rekan-rekan yang ingin belajar analisis laporan keuangan, sedang melakukan penelitian akuntansi tentang analisis laporan keuangan, rekan2 bisa mendapatkan ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik. 

0 comments:

Post a Comment