Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Alasan Ibu Kota Jakarta akan Dipindah ke Palangkaraya?

Tahun 2017, kembali muncul wacana Ibu Kota Jakarta yang akan pindah. Kali ini, wacana pemindahan Ibu Kota Jakarta akan dipindah ke kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Wacana pemindahan Ibu Kota Jakarta bukan hanya diperbincangkan sekali ini saja. Sebelumnya, beberapa kali Ibu Kota Jakarta berencana untuk dipindahkan.

Sekitar tahun 2014, Ibu Kota Jakarta berencana dipindahkan ke Yogyakarta. Namun, sayangnya hal tersebut hanyalah sekedar wacana belaka. Nah, saat ini 

Oke, lalu mengapa Palangkaraya merupakan tempat yang dipilih sebagai pengganti Ibu Kota Indonesia yang sekarang ini? Ada beberapa alasan.. 

1. Palangkaraya aman dari banjir dan bencana alam

Secara lokasi, Palangkaraya merupakan daerah yang aman dari banjir, tanah longsor, gempa bumi dan bencana alam lainnya. Hal ini dikarenakan Palangkaraya terletak dibelah garis khatulistiwa dan merupakan titik tengah wilayah NKRI. Palangkaraya jauh dari pusat gempa dan banjir. 

Berbeda dengan Jakarta yang sudah berkali-kali mengalami banjir yang sulit sekali untuk ditangani secara langsung. Banjir dan bencana alam di Jakarta sudah terjadi selama bertahun-tahun, namun sampai saat ini 

2. Secara letak, lebih luas daripada Jakarta

Palangkaraya juga memiliki letak yang lebih besar dan luas ketimbang Jakarta. Hal ini bisa menumbuhkan lebih banyak bisnis dan perekonomian serta dengan adanya wilayah yang luas, berbagai kegiatan administrasi, dan ekonomi dan dilakukan dengan lebih leluasa. 

3. Palangkaraya bebas dari kemacetan

Satu hal yang pasti, Palangkaraya bebas dari kemacetan dan segala permasalahan kompleksitas lainnya. Jakarta sudah sejak lama terkendala masalah2 kompleksitas yang tinggi, yang menyebabkan desain Jakarta menjadi sangat rawan macet. 

Ide wacana presiden Joko Widodo yang akan memindahkan ibu kota Jakarta sebenarnya merupakan ide Presiden RI yang pertama, yaitu Ir Soekarno. Beliau menyatakan bahwa Jakarta sejatinya bukanlah tempat yang didesain untuk menjadi ibu kota Indonesia, karena berbagai kompleksitas masalah yang sudah ada sejak dahulu.  

Lalu, apakah memungkinkan jika Ibu Kota Jakarta dipindahkan ke Palangkaraya? Tentu saja sangat memungkinkan. Jika kita berkaca dari Malaysia, negara Malaysia juga pernah memindahkan ibu kotanya, yang awalnya Kuala Lumpur dipindahkan ke Putrajaya sejak tahun 1999. 

Malaysia memindahkan Ibu Kotanya dari Kuala Lumpur ke Putrajaya dikarenakan berbagai masalah klasik, seperti bencana alam dan banjir seperti yang dialami Jakarta sampai saat ini. Nah, jika Indonesia memindahkan Ibu Kotanya ke Palangkaraya tentu hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin, asalkan Indonesia memiliki persiapan yang baik, Ibu Kota Indonesia bisa tertata lebih rapi.

0 comments:

Post a Comment