Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Indonesia Bisa Menjadi Negara dengan Ekonomi Terbesar di Dunia

Indonesia yang sekarang masih memegang "status" sebagai negara berkembang. Namun, Indonesia sejatinya memiliki potensi yang besar untuk menjadi negara maju. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Namun, untuk mencapai hal tersebut, Indonesia harus mampu memenuhi beberapa syarat yang harus dipersiapkan sejak sekarang. 

Menurut Sri Mulyani, tahun 2045 Indonesia bisa menjadi negara dengan perekonomian terbesar kelima di dunia. Tahun 2045 mendatang Indonesia memiliki potensi besar untuk mendapatkan "bonus" demografi, yaitu peningkatkan jumlah penduduk hingga lebih dari 300 juta dengan usia produktif mencapai kisaran 52%. Sedangkan, penduduk kelas ekonomi menengah mencapai 82%.

Sri Mulyani memprediksi, pada tahun 2045 struktur ekonomi Indonesia akan bergeser pada sektor yang memiliki nilai tambah lebih tinggim yaitu tonggak ekonomi Indonesia akan lebih dominan berasal dari sektor jasa sebesar 73%. Ekonomi Indonesia dengan peringkat kelima terbesar di dunia akan memiliki pendapatan per kapita US$ 29.300. 

Dengan pendapatan per kapita sebesar itu, Indonesia akan mampu menjadi basis pembangunan apapun di negara Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, 7 hal yang harus dipersiapkan mulai sekarang. Berikut poin-poin yang disampaikan oleh Sri Mulyani.

Pertama, kesiapan infrastruktur.

Kedua, kualitas sumber daya manusia. 

Ketiga, kesiapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keempat, kelembagaan pemerintah yang semakin efisien.

Kelima,  kebijakan konektivitas.

Keenam, tata ruang wilayah yang semakin baik.

Ketujuh, sumber daya ekonomi dan keuangan yang dikelola secara berkelanjutan.

0 comments:

Post a Comment