Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Contoh Soal Uji Validitas + Analisis - Bagian I

El Heze
Di pos ini: xxx saya sudah membahas mengenai kegunaan uji validitas. Di pos ini, saya akan membahas contoh soal untuk uji validitas, serta pembahasan, cara uji dan analisisnya ke dalam software SPSS. Berikut contho soal uji validitas:

Seorang mahasiswa melakukan penelitian dengan menggunakan skala untuk melihat pernyataan-pernyataan atau statemen tentang Motivasi Berprestasi dosen di Universitas A. Setiap responden dipersilahkan untuk menyatakan persepsi setiap pribadi tentang Motivasi Berprestasi di Universitas A dengan melingkari pada kolom skala. Sejauh mana persetujuan dosen dengan pernyataan ini?  Untuk itu, seorang mahasiswa membuat kuesioner pertanyaan dengan menggunakan skala Likert, yaitu:

1 = Sangat Tidak Setuju (STS)
2 = Tidak Setuju (TS)
3 = Setuju (S)
4 = Sangat Setuju (SS) 

Berikut ini adalah daftar pertanyaan kuisioner angket yang diajukan kepada mahasiswa responden. Anda bisa download contoh soal uji validitas menggunakan kuisioner dalam bentuk microsoft word disini: Contoh Soal Uji Validitas

Kuisioner dibagikan kepada 32 responden. Setelah para responden mengisi pertanyaan pada kuisioner tersebut, didapatkanlah data-data jawaban para responden. Anda bisa download datanya free disini: Jawaban Hasil Kuisioner Uji Validitas

Setelah didapatkan jawaban dari hasil kuisioner tersebut, akan dilakukan uji validitas menggunakan software SPSS. Berikut langkah-langkah pengujiannya:

1. Masuk SPSS --> Variable View 


Pengisian:
- Pada kolom Name isikan Nomor1 - Nomor15
- Isikan juga SKOR_Total. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar SPSS dibawah ini 


2. Masuk ke Data View.. .Isikan data sama seperti pada hasil uji kuisioner sebelumnya


3. Klik Analyze --> Correlate --> Bivariate


4. Pindahkan semua item ke kotak Variables... Untuk jelasnya perhatikan gambar dibawah:


5. Klik OK.. Lalu akan tampil hasil analisis uji validitas. Hasil analisis dan cara membaca hasil uji validitas bisa anda lihat di Bagian II: Contoh Soal Uji Validitas + Analisis - Bagian II. 

0 comments:

Post a Comment