Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Format Jurnal Penerimaan, Pengeluaran Kas, Jurnal Pembelian, Jurnal Penjualan, dan Jurnal Umum

El Heze
Ketika belajar akuntansi, anda pasti sering mendengar istilah JURNAL KHUSUS. Di dalam akuntansi, jurnal khusus dibagi menjadi 5 jenis jurnal, yaitu: 

1. Jurnal penerimaan kas 
2. Jurnal pengeluaran kas
3. Jurnal pembelian
4. Jurnal penjualan
5. Jurnal umum 

Kelima jurnal khusus ini memiliki format alias bentuk-bentuk tersendiri ketika anda ingin melakukan pencatatan jurnal dari adanya transaksi2 yang bersangkutan. 

Di pos ini, saya akan memberikan format-format untuk mencatat kelima jurnal tersebut. Namun yang perlu anda ketahui, format-format jurnal khusus yang saya paparkan ini adalah format jurnal secara umum. 

Anda bisa mengubah format jurnal sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Oke, kita langsung saja mulai. 

1. Format Jurnal Penerimaan Kas 

Jurnal penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat penerimaan dari transaksi penjualan tunai / kas, baik transaksi penerimaan kas dari pelanggan, penerimaan pendapatan bunga, penerimaan pelunasan piutang usaha, dan penerimaan kas lainnya. Anda bisa baca tentang cara membuat jurnal penerimaan kas disini: Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas: Pengertian & Contoh. Format jurnal penerimaan kas secara umum adalah sebagai berikut: 

Jurnal penerimaan kas
2. Format Jurnal Pengeluaran Kas 

Jurnal pengeluaran kas adalah jurnal untuk mencatat pengeluaran transaksi perusahaan secara tunai (kas), baik dalam bentuk transaksi pelunasan utang, pembelian barang dagangan secara tunai, membeli perlengkapan kantor, membayar gaji dan lain-lain. Baca juga: Jurnal Penerimaan dan Pengeluaran Kas: Pengertian & Contoh. Format jurnal pengeluaran kas adalah sebagai berikut: 

Jurnal Pengeluaran Kas
3. Format Jurnal Pembelian 

Jurnal pembelian adalah jurnal untuk mencatat pembelian barang dagang dengan syarat kredit (utang), yang menimbulkan kewajiban / utang pada pemasok. Format jurnal pembelian secara umum adalah sebagai berikut: 

Jurnal pembelian
4. Format Jurnal Penjualan 

Jurnal penjualan mencatat penjualan barang dagang perusahaan secara kredit (piutang), yang menimbulkan hak tagihan pada pelanggan / konsumen. Format jurnal penjualan secara umum adalah sebagai berikut: 

Jurnal penjualan
5. Format Jurnal Umum 

Jurnal umum merupakan jurnal untuk mencatat transaksi yang tidak dicatat dalam keempat jurnal diatas (penerimaan & pengeluaran kas, pembelian, penjualan). Contoh transaksi jurnal umum adalah transaksi retur pembelian & penjualan, jurnal penutup. 

Contoh-contoh transaksi dan pembuatan jurnal umum bisa anda baca disini: Contoh Soal Jurnal Umum & Pembahasannya. Format jurnal umum adalah sebagai berikut: 

Jurnal umum

0 comments:

Post a Comment