Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Cara Agar PDF Tidak Bisa di Copy

Pada saat anda menuliskan dokumen penting di Ms.Word kemudian anda ingin save as ke filetype PDF, maka seluruh konten PDF anda bisa di copy paste oleh orang lain. 

Kalau anda ingin agar dokumen PDF anda tidak bisa di copy maupun diubah kontennya, maka anda harus memberikan access permission pada dokumen PDF anda. Masalahnya pada beberapa aplikasi PDF yang umumnya digunakan, tidak tersedia menu untuk memprotect dokumen PDF. 

Maka di pos ini, saya akan memberikan panduan agar dokumen PDF anda tidak bisa di copy-paste. Kita menggunakan aplikasi PDF XChange Viewer. Berikut adalah panduan cara agar PDF tidak bisa di copy

1. Download PDF XChange Viewer

Untuk donwload PDF XChange Viewer, anda hanya perlu ketikkan di Google kata kunci: PDF XChange Viewer. Tampilannya seperti dibawah ini: 

Klik gambar untuk memperbesar

Kemudian download dokumennya. 

2. Buka dokumen PDF anda menggunakan PDF XChange Viewer. Tampilannya seperti dibawah ini:


Untuk memberi protection agar tidak bisa di copy, pilih File --> Document Properties

3. Pilih menu Security --> Password Security 


4. Untuk Pilih Require a password to change permissions for the document

Cara agar PDF tidak bisa di copy
Setelah itu, anda harus isi password terlebih dahulu (langkah 1), terserah anda passwordnya. Kemudian agar PDF anda tidak bisa di copy, hilangkan centang 'Enable Copying of Text, Images and Other Content'. Setelah itu klik OK. 

Setelah itu, PDF anda sudah tidak bisa di copy-paste lagi, baik text, image maupun konten lain yang ada di PDF anda. Kalau anda tidak mau PDF anda di print, printed allowednya juga bisa anda pilih Not Allowed. 

Itulah cara agar PDF tidak bisa di copy. Selamat mencoba. 

0 comments:

Post a Comment