Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Cara Membuat Password pada PDF - Panduan Lengkap

Pada saat anda membuat dan menyimpan dokumen dalam file type PDF, kemungkinan dokumen yang anda simpan berisi konten2 penting, di mana hanya anda saja yang boleh / bisa membuka PDF yang telah anda buat. 

Maka dari itu, anda harus mem-protect dokumen PDF anda menggunakan password, sehingga ketika ada orang lain yang membuka dokumen PDF anda, mereka harus menuliskan password terlebih dahulu untuk bisa akses dokumen PDF anda. 

Tapi bagaimana cara membuat password pada PDF? Bukankah di beberapa aplikasi PDF tidak tersedia menu untuk protect dokumen menggunakan password? 

Di pos ini, saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat password pada PDF. Berikut langkah2nya: 

1. Download PDF XChange Viewer

Cara downloadnya gampang, anda tinggal ketikkan di Google: 'PDF XChange Viewer'

PDF XChange Viewer
Tampilannya seperti gambar diatas. Anda bisa download langsung pada menu pencarian Google teratas. 

2. Buka dokumen PDF menggunakan PDF XChange Viewer 

Kalau anda sudah download PDF, anda bisa buka dokumen yang ingin anda beri password menggunakan PDF XChange Viewer. Oke, kita langsung simulasi menggunakan contoh dokumen PDF yang sudah dibukan menggunakan PDF XChange Viewer. 

Cara membuat password pada PDF
3. Lalu pilih Security --> Password Security. Lihat gambar dibawah ini: 

Cara Membuat password pada PDF (langkah 2)
4. Lalu akan muncul tampilan dibawah ini:

Cara membuat password pada PDF (Langkah 3)

Untuk memberi password, ikuti langkah2nya: 

Poin 1. Compatibility bisa anda pilih Acrobat 6.0 and later, jadi kalau anda punya Acrobat diatas 6.0, PDF tetap bisa di password. 

Poin 2. Components pilih all document contents 

Poin 3. Centang menu 'Require a password to open the document'. Poin 3 ini yang harus anda perhatikan karena inilah yang digunakan untuk protect dokumen anda pakai password. Untuk membuat password pada PDF, anda bisa ketikkan password yang anda inginkan, dan ketik lagi (confirm) password anda.

Poin 4. Ini digunakan kalau seumpama anda ingin dokumen anda tidak bisa di copy-paste, print atau lainnya. Intinya, harus anda permission (izin) kalau seseorang ternyata berhasil membuka PDF anda dan mau mengubah konten PDF. 

Centang, dan kemudian anda diharuskan memasukkan password. Jadi kalau ada orang yang ingin mengubah konten PDF anda, mereka harus memasukkan password lagi. Setelah anda centan poin 4, maka anda akan diarahkan pada poin 5-7. Baca terus.   

Poin 5. Printing Allowed, bisa anda pilih Not Allowed (dokumen PDF tidak bisa diprint) atau anda pilih bisa diprint dengan Low Resolution atau High Resolution, terserah anda.

Poin 6. Changing Allowed. Apabila anda tidak ingin dokumen anda diubah (misalnya delete page, comment di dokumen), maka pilih Not Allowed

Poin 7. Kalau anda tidak ingin dokumen PDF anda di copy, maka hilangkan centangnya. 

5. Setelah anda sudah selesai, klik OK

Sebenarnya kalau anda hanya ingin membuat password pada PDF, sampai pada poin 3 saja sudah cukup. Dokumen anda sudah ter-password dengan baik. 

Tapi kalau anda ingin memprotect change permissionnya, anda bisa lanjut sampai poin 7 yang saya jelaskan. Nah, ciri2 kalau dokumen PDF anda sudah di password, ada tulisan 'SECURED' di bagian atas PDF anda. Seperti ini tulisannya: 


Itulah cara membuat password pada PDF anda. 

0 comments:

Post a Comment