Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

10 Cara Membuka dan Memulai Bisnis Online

El Heze
Dahulu istilah bisnis yang kita kenal adalah seseorang membuka usaha secara riil (ada wujud dan fisik nyata), harus menyewa bangunan / tanah untuk tempat bisnis. Namun sekarang, kita sudah mengenal istilah BISNIS ONLINE. 

Di era yang semakin maju teknologi, bisnis online semakin digandrungi oleh generasi milenial maupun orang dewasa / orang tua sekalipun. Anda dari berbagai profesi, anda punya kesempatan untuk membuka dan memulai bisnis online. 

CARA MEMULAI BISNIS ONLINE 

Untuk anda yang punya keinginan membuka bisnis online baik part time maupun full time, berikut ada 10 cara memulai bisnis online

1. Tentukan ide bisnis berdasarkan passion anda 

Membuat bisnis online harus dimulai dari IDE. Terkadang ide ini justru merupakan tantangan utama, karena menemukan ide bisnis online itu memang tidak mudah. Oleh karena itu, jika anda mencari ide bisnis, anda bisa menentukan ide bisnis berdasarkan PASSION anda saat ini. 

Sebagai contoh, anda punya passion memasak dan membuat kue. Anda bisa membuka bisnis online dengan menjual camilan dan kue kering. Kalau anda punya passion di dunia olahraga, anda bisa membuak bisnis online khusus menjual alat2 olahraga. 

Kalau anda punya passion di bidang tertentu yang spesifik, akan lebih mudah untuk menuangkan ide2 bisnis anda. Cobalah untuk melihat passion anda saat ini, dan jadikan passion anda untuk membuka bisnis online.

2. Dapatkan inspirasi bisnis dari keluarga, teman, orang2 terdekat

Kalau anda masih belum menemukan ide bisnis online, anda bisa berbicara dengan orang2 terdekat anda, keluarga, teman. Dari situlah anda punya peluang untuk mendapatkan ide membuka bisnis online. 

Bicararalah dengan orang2 terdekat anda seputar bisnis online. Sehingga, orang2 terdekat anda setidaknya bisa memberikan pencerahan pada anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

3. Buat website 

Anda harus memiliki website atau minimal blog / wordpress supaya orang lain mengetahui tentang produk anda. Saat ini semua orang sudah terkoneksi dengan kegiatan online seperti Googling.. 

Maka dari itu, anda harus membuat website agar website dan tentunya produk anda bisa ditemukan oleh orang2 lain yang berada di luar jangkauan anda. Inilah yang bisa membuat bisnis anda menjadi jauhl lebih laris. 

4. Gunakan media sosial untuk promosi

Buatlah media-media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti Whatsapp, Telegram, Instagram, Facebook untuk mempromosikan produk anda. Saat ini peran media-media sosial tersebut sangatlah besar, sehingga produk anda dikenal orang melalui media sosial, maka produk anda punya peluang yang jauh lebih besar untuk dibeli. 

Anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk melakukan promosi di media sosial. Untuk Facebook misalnya, anda tidak harus keluar budget untuk Facebook Ads. Anda bisa membuat Fan Page Facebook, atau grup Facebook untuk mengedukasi sekaligus mempromosikan produk anda. 

5. Pemasaran melalui situs belanja online (marketplace) 

Jika anda merasa bahwa produk2 anda perlu dipasarkan melalui marketplace, anda bisa memasarkan produk anda melalui situs2 marketplace yang ternama misalnya Shopee, Tokopedia, Bukalapak. 

Jika anda sudah memiliki website dan media sosial, maka keberadaan produk2 anda di marketplace akan membuka ruang lebih banyak bagi calon pembeli untuk mengunjugi website dan membeli produk anda. 

6. Menganalisa kebutuhan pasar melalui riset 

Ketika memulai bisnis online, anda harus pastikan bahwa produk anda adalah produk2 yang dibutuhkan oleh banyak orang. Berhubung ini adalah bisnis online, anda bisa melakukan riset melalui riset keyword di Google Adwords dengan menargetkan kata kunci yang berhubungan dengan produk anda. 

Kalau banyak orang yang mencari kata kunci yang berkaitan dengan produk2 tersebut, maka produk2 tersebut memang dibutuhkan oleh banyak orang. Meskipun tantangannya, semakin banyak produk dicari orang, maka persaingan akan semakin banyak juga. 

Maka dari itu, solusinya anda harus memiliki keunggulan produk anda dibandingkan pesaing, misalnya meningkatkan kualitas produk, ada bonus2 yang anda berikan (misalnya berupa tutorial), dan seperti yang saya tuliskan: Anda harus melakukan promosi di media sosial. 

7. Pilih produk yang long time 

Anda bisa saja memilih produk musiman / menjual produk online yang lagi booming. Namun tentu saja produk2 yang booming demand-nya akan menurun seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, kalau anda ingin memulai bisnis online yang bertahan lama, pilihlah produk2 long time yang dibutuhkan oleh banyak orang dan tidak pernah usang. 

8. Menentukan sistem pembayaran 

Di era digital ini, anda harus menentukan sistem pembayaran yang variatisf dan mudah untuk diterima pelanggan. Misalnya, anda menentukan sistem pembayaran via transfer rekening (pada umumnya). Atau anda bisa menambahkan opsi pembayaran via Paypal, OVO, Cash on Delivery (COD) dan lain2. 

9. Mencari partner

Kalau anda merasa perlu mencari partner untuk bisnis online anda, anda bisa mencari rekan kerja. Pilihlah partner yang bisa dipercaya dan bisa memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak, baik anda sendiri maupun partner anda. 

10. Konsisten dan komitmen

Poin terakhir, dalam memulai bisnis online, anda harus menjalankannya secara konsisten dan memiliki komitmen. Memang tidak ada hasil instan. Akan tetapi kalau anda tekun, konsisten dan punya komitmen untuk menjalankan bisnis online anda secara konsisten, anda pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. 
Cara memulai bisnis online
Itulah 10 cara memulai bisnis online. Terapkan cara-cara ini agar bisnis online anda berkembang dan bisa memberikan keuntungan serta manfaat bagi banyak orang.  

0 comments:

Post a Comment