Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Cara Mencari Prive dalam Laporan Perubahan Modal

El Heze
Di dalam laporan keuangan, khususnya laporan perubahan modal, kita mengenal istilah PRIVE. Akun prive ini adalah salah satu akun penting di dalam laporan perubahan modal / ekuitas. Oleh karena itu, anda harus memahaminya. Lalu apa itu prive? Dan bagaimana cara mencari prive dalam laporan perubahan modal? 

PENGERTIAN PRIVE

Prive merupakan pengambilan uang / dana yang dilakukan oleh pemilik perusahaan sendiri untuk keperluan pribadi. Prive ini sering terjadi pada perusahaan keluarga (family business). Adanya prive dapat menyebabkan adanya pengurangan modal perusahaan.

Prive ini menjadi salah satu akun yang dapat menyebabkan adanya perubahan modal pada laporan keuangan. Ada dua hal tentang prive yang harus anda ketahui, yaitu sebagai berikut: 

1. Prive tidak masuk di laporan laba rugi 

Walaupun prive adalah pengambilan modal (mengurangi dana perusahaan), tetapi prive tidak masuk di laporan laba rugi. Prive masuk sebagai pengurang modal yang mempengaruhi laporan perubahan modal / ekuitas perusahaan. 

Prive tidak masuk dalam laba rugi karena prive bukanlah bagian dari operasional bisnis perusahaan, namun prive adalah pengambilan modal sendiri / pribadi yang digunakan untuk kepentingan pemilik perusahaan, sehingga lebih mempengaruhi ekuitas.

2. Prive dicatat sebagai pengurang modal 

Prive biasanya akan dikurangkan sebagai pengurang modal saat pemiliki mengambil modal untuk kepentingan pribadi.  

CARA MENCARI PRIVE DALAM LAPORAN PERUBAHAN MODAL 

Sekarang kita akan masuk ke cara mencari prive dalam laporan perubahan modal. Karena prive sifatnya mengurangi modal perusahaan, maka rumus laporan perubahan modal adalah sebagai berikut: 

Modal akhir = modal awal + laba (atau - rugi bersih) - prive

Kalau kita modifikasi, maka rumus untuk mencari prive menjadi: 

Prive = Modal awal + laba = modal akhir 

Untuk lebih memudahkan contohnya, anda bisa perhatikan laporan perubahan modal berikut ini: 


Pada contoh laporan keuangan PT Maju Jaya diatas, kita bisa lihat penanaman modal perusahaan hanya sebesar Rp1.700.000, padahal perusahaan menghasilkan laba bersih sebesar Rp2.400.000. Hal ini dikarenakan terjadi pengambilan prive oleh pemilik perusahaan sebesar Rp700.000, sehingga hal ini akan mengurangi penanaman modal perusahaan. 

Dan modal akhir Bapak Jaya menjadi Rp11.700.000. Pengambilan prive nilainya bisa lebih besar dibandingkan laba bersih, atau sebaliknya, lebih kecil. Pada contoh diatas, pengambilan prive lebih kecil dibandingkan laba bersih, sehingga nilai penanaman modal perusahaan masih positif sebesar Rp1.700.000. 

Itulah rumus prive di dalam laporan perubahan modal perusahaan. Oke, lalu bagaimana dengan perusahaan go public? Bagaimana cara mencari prive di laporan perubahan modal untuk perusahaan go public? 

Kita tahu bahwa laporan keuangan go public seringkali digunakan untuk analisa laporan keuangan, sehingga mungkin banyak dari anda yang juga ingin mencari berapa besar prive laporan keuangan pada perusahaan terbuka (go public).

Perlu anda ketahui, akun prive biasanya muncul / terjadi di laporan ekuitas pada perusahaan kecil, yaitu perusahaan perseorangan atau perusahaan berbentuk firma. 

Sedangkan untuk perusahaan skala besar, yaitu berbentuk Perseroan Terbatas (PT) apalagi perusahaan go public, maka yang muncul dalam laporan perubahan modal bukanlah prive, tetapi DIVIDEN. Dividen adalah modal yang diambil dari keuntungan perusahaan (laba bersih) untuk dibagikan kepada pemegang saham.  

Jadi dalam laporan keuangan perusahaan go public, anda tidak akan menemukan akun prive. Sebagai contoh, anda bisa lihat laporan keuangan perusahaan go public PT Unilever Tbk (UNVR) berikut:     
Cara mencari prive dalam laporan perubahan modal
Pada laporan perubahan modal UNVR diatas, kita tidak menemukan akun prive sebagai pengurang saldo ekuitas akhir periode, tetapi kita menemukan dividen yang mengurangi ekuitas dan dividen juga diambil dari laba bersih. 

Lalu apakah dividen itu sama dengan prive? 

Tentu saja beda. Prive = pengambilan modal untuk kepentingan pribadi pemilik. Dividen = Pengambilan modal untuk diberikan pada pemegang saham / investor ketika perusahaan memperoleh laba bersih. 

Prive tidak dikenakan pajak, sedangkan dividen dikenakan pajak. Jadi walaupun sama-sama mengunragi modal, tetapi keduanya berbeda. Di dalam laporan perusahaan go public, tidak ada akun prive, yang ada dividen (sebagai pengurang modal), karena prive umumnya muncul pada perusahaan perorangan atau firma. 

Itulah cara mencari prive dalam laporan perubahan modal dan penjelasan prive berdasarkan jenis perusahaan yang didirikan.  

0 comments:

Post a Comment