Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Cara Mendapatkan Data Inflasi Lengkap

El Heze
Data inflasi seringkali dibutuhkan untuk memetakan analisis costing dan lain2. Data inflasi juga sering dibutuhkan kalau anda sedang mengerjakan tugas. Lalu, bagaimana cara mendapatkan data inflasi yang lengkap dan akurat? 

Untuk mendapatkan data inflasi akurat per tahun dan  per bulan, anda sebenarnya bisa mencari di situs milik pemerintah, yaitu Bank Indonesia (BI). Langkah pertama, silahkan buka link berikut: Data Inflasi BI. Setelah itu, anda akan disuguhkan data inflasi setiap bulan. Perhatikan gambar dibawah. 


Itu adalah data inflasi per bulan, bukan per tahun. Jika anda ingin mencari data inflasi satu tahun mudah saja, tinggal anda tambahkan semua inflasi dari Januari-Desember, kemudian anda bagi dengan 12, maka itulah data inflasi per tahun. 

Untuk mencari data inflasi di tahun2 sebelumnya, anda tinggal mencari pada FILTER DATA (perhatikan tanda lingkaran merah pada gambar). Misalnya anda ingin mencari data inflasi tahun 2014, maka tinggal filter data yang anda inginkan. Maka, muncul tampilan 


Itulah cara mendapatkan data inflasi secara lengkap per bulan dan data inflasi satu tahun dari situs www.bi.go.id. Semoga bermanfaat untuk anda ☺




0 comments:

Post a Comment