Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Pengertian dan Contoh Biaya Dibayar Dimuka

El Heze
Di dalam akuntansi, anda pasti akan sering mendengar istilah beban dibayar dimuka. Bahkan banyak yang masih belum memahami arti dari beban dibayar dimuka. Terutama karena dalam laporan keuangan beban dibayar dimuka masuk dalam aktiva / aset lancar, maka banyak orang yang bertanya-tanya: "Mengapa beban dibayar dimuka harus masuk dalam aktiva lancar? 

Nah, maka dari itu di pos ini saya akan membahas tentang pengertian beban dibayar dimuka. Biaya dibayar dimuka adalah biaya yang belum menjadi kewajiban perusahaan untuk membayar pada periode saat ini, namun perusahaan sudah membayar terlebih dahulu

Artinya, beban tersebut belum dianggap sebagai beban perusahaan untuk periode sekarang/ pengeluaran yang belum merupakan biaya dalam tahun buku berjalan. Maka, dapat dikatakan bahwa biaya yang dibayarkan perusahaan adalah uang muka, dan dimasukkan dalam aset lancar di laporan posisi keuangan. 

Contoh beban dibayar dimuka yang paling mudah kita temukan adalah sewa dibayar dimuka. Ketika perusahaan melakukan sewa gedung untuk operasi usaha, maka perusahaan akan membayar sewa tersebut katakanlah sebesar Rp20 juta untuk masa sewa 5 tahun mendatang. 

Disini kita bisa lihat bahwa walaupun perusahaan membayar uang Rp20 saat ini untuk sewa gedung, namun manfaat dari gedung tersebut akan dirasakan selama 5 tahun mendatang bukan sekarang. Inilah mengapa sewa gedung tersebut dikatakan sebagai sewa dibayar dimuka. 

Sudah paham sampai disini?

Contoh biaya dibayar dimuka lainnya adalah asuransi dibayar dimuka, gaji dibayar dimuka, biaya bunga dibayar dimuka, pajak dibayar dimuka dan lain2.

PERLAKUKAN AKUNTANSI ATAS SEWA DIBAYAR DIMUKA 

Pengeluaran biaya dimuka yang merupakan beban untuk periode di tahun2 mendatang tidak boleh diakui sebagai beban pada periode sekarang, namun beban tersebut harus dibebankan sesuai masa manfaat dari biaya tersebut.

Contoh soal biaya dibayar dimuka: Pak Billy menyewa gedung kantor untuk melanjutkan kegiatan operasionalnya. Pak Billy menyewa gedung tersebut untuk 5 tahun yang dimulai sejak tahun 2018. Biaya dibayar dimuka untuk sewa gedung adalah sebesar Rp 500 juta dan dibayarkan semua di tahun 2018.

Dengan demikian, biaya sewa tersebut harus diakui bukan hanya di tahun 2018, tetapi biaya tersebut harus diakui selama 5 tahun (dibagi selama 5 tahun). Dengan demikian biaya sewa yang diakui perusahaan adalah sebagai berikut: 

Biaya sewa 2018 = 100 juta
Biaya sewa 2019 = 100 juta
Biaya sewa 2020 = 100 juta
Biaya sewa 2021 = 100 juta
Biaya sewa 2022 = 100 juta

Itulah pengertian dan contoh sewa dibayar dimuka. Tidak sulit untuk memahami dan mengerti arti sewa dibayar dimuka. Lalu bagaimana ayat jurnal penyesuaian untuk biaya dibayar dimuka? Baca juga: Jurnal Penyesuaian untuk Sewa Dibayar Dimuka (Belum terbit.. Coming soon). 

Bagi rekan-rekan yang ingin belajar analisis laporan keuangan, sedang melakukan penelitian akuntansi tentang analisis laporan keuangan, rekan2 bisa mendapatkan ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik. 

0 comments:

Post a Comment