Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Mengenal Pasar Modal dan Instrumen Investasi

El Heze
Pasar modal saat ini merupakan salah satu topik yang sering dibahas. Ngomong2 apakah anda sudah tahu apa dan bagaimana itu pasar modal? Instrumen investasi apa saja yang ada di pasar modal? Dan mengapa pasar modal merupakan salah satu tempat investasi dan trading yang menarik? Di pos ini saya akan membahasnya. 

Pasar modal merupakan tempat bertemunya permintaan beli dan penawaran jual untuk memperdagangkan suatu efek perusahaan publik (Tbk). Efek yang dimaksud disini adalah instrumen investasi berupa saham, obligasi dan reksadana. Saham adalah tanda bukti kepemilikan perusahaan. Obligasi adalah surat utang. Reksadana adalah instrumen investasi yang terdiri dari campuran pasar uang, obligasi dan saham yang dikelola oleh Manajer Investasi.

Pasar modal itu layaknya pasar pada umumnya. Kalau anda pergi ke pasar, minimarket maka ada pembeli dan penjual. Barang yang diperdagangkan adalah barang2 aneka kebutuhan pokok. Kalau di pasar modal, barang2 yang diperdagangkan adalah saham, obligasi dan reksadana. 

Bedanya, di pasar modal anda tidak akan bertemu secara langsung antara pembeli dan penjual, karena sistem jual-beli saham saat ini dilakukan secara online / jarak jauh. Ketika anda melakukan aktivitas beli dan jual saham, aktivitas anda dinamakan dengan TRADING. Sedangkan jika anda membeli saham untuk disimpan (beli dan tidak dijual dalam jangka waktu lama), maka dinamakan dengan INVESTASI SAHAM.  

Kalau anda ingin beli jual saham di pasar modal, caranya mudah. Anda tinggal membuka rekening saham di kantor sekuritas dengan cara mengisi formulir. Setelah formulir anda diterima, anda akan diberikan akun saham (Username dan Password), kemudian anda bisa trading pada software saham yang sudah disediakan oleh kantor sekuritas.  

Membeli dan menjual saham cukup mudah. Anda tinggal klik tombol Buy dan Sell di layar monitor anda. Saya rasa sudah cukup jelas. Lalu, yang jadi pertanyaan selanjutnya mengapa ada pasar modal, dan mengapa sosialisasi pasar modal belakangan ini cukup gencar? 

Pasar modal memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menanamkan dananya dan memanen uang dari pasar modal. Hal ini dikarenakan pasar modal berpotensi memberikan return yang besar bagi pemegang saham. Pasar modal memiliki banyak sekali manffat. Manfaat pasar modal secara umum adalah:

1. Menyediakan sumber pembiayaan jangka panjang bagi dunia usaha dan memungkinkan alokasi dana secara optimal

2. Memberikan wahana investasi yang beragam bagi investor, sehingga memungkinan investor untuk melakukan diversifikasi investasi. Adanya alternatif investasi dapat memberikan potensi keuntungan dengan tingkat risiko yang diperhitungkan

3.  Dapat menciptakan peningkatan perekonomian bagi suatu negara. Dan adanya penyebaran kepemilikan sampai lapisan masyarakat menengah. 

Sedangkan fungsi pasar modal adalah:

1. Alternatif investasi
2. Sebagai sumber pendanaan jangka panjang
3. Alat melakukan divestasi
4. Alat resturkturisasi modal perusahaan

0 comments:

Post a Comment