Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Perbedaan Makna Efektif dan Efisien

Dalam keseharian, anda pasti sering mendengar istilah efektif dan efisien. Nah, lalu apa perbedaan antara keduanya? Untuk memahaminya, anda harus memahami definisi keduanya. 





EFISIEN

Arti kata efisien menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya). Kedua, mampu mengerjakan tugas dengan tepat dan cermat; berdaya guna; bertepat guna; sangkil.  

Definisi efisien adalah penggunaan sumber daya secara minimum untuk mendapatkan hasil yang optimal. Efisiensi bertujuan untuk mencari cara-cara yang paling baik guna mencapai tujuan. 

EFEKTIF

Arti kata efektif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya); manjur atau mujarab (obat); dapat membawa hasil; berhasil guna (usaha, tindakan); mulai berlaku (undang-undang peraturan). Sedangkan definisi efektif adalah pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dari beberapa lainnya.

Efektifitas juga memiliki arti pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan2 yang telah ditentukan. Sebagai contoh, jika anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang telah ditentukan, maka artinya anda bisa bekerja dengan efektif. 

Dari definisi diatas, tampak bahwa efektif orientasinya lebih kepada HASIL yang dicapai. Efektifitas lebih menekankan pada output yang dicapai. Sedangkan efisien orientasinya lebih kepada WAKTU, yaitu seberapa mampu anda untuk menggunakan waktu untuk mencapai hasil yang maksimal. 

Contoh efektif dan efisien

Ketika anda mampu mencapai kenaikan penjualan secara signifikan dibandingkan tahun lalu, maka dapat dikatakan kinerja divisi anda semakin efektif. Sedangkan jika menggunakan cara A dapat dilakukan dalam waktu 5 jam, dan cara B dalam dilakukan dalam 3 jam, maka cara B dikatakan lebih efisien untuk mendapatkan hasil. 

Efisien dan efektif memang memiliki kaitan satu sama lain. Tanpa adanya efektivitas maka efisiensi tidak akan bisa dicapai demikian juga sebaliknya. 

0 comments:

Post a Comment