Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Cara Memberi Password File PDF Agar Tidak Bisa Di Copy

Pernahkah anda berpikir untuk memberi password pada file PDF anda karena file PDF anda mengandung data penting atau privasi yang tidak boleh dibuka orang lain selain anda? Misalnya, file PDF anda berisi materi skripsi atau ebook berbayar atau mungkin file PDF anda berisi data dokumen pribadi. 

Nah, kalau anda ingin memberi password pada file PDF agar tidak bisa di copy kontennya oleh orang lain, atau agar file PDF anda tidak bisa dibuka oleh orang lain, atau supaya file PDF anda tidak bisa di print, maka anda bisa melakukannya dengan mudah menggunakan PDF XChange Viewer.

Anda bisa download softwarenya pada link yang saya unduh disini:  PDF XChange Viewer Free Download. Cara downloadnya sangat mudah, anda tinggal klik unduh pada file di 4shared yang saya bagikan. Oke setelah itu, buka file PDF yang ingin anda beri password menggunakan PDF XChange Viewer yang sudah anda instal. Jika anda ingin memberi password, maka langkah-langkahnya sebagai berikut: 

1. Klik File --> Document Properties



2. Setelah itu akan muncul Document Properties. Pilih menu Securities dan ubah No Security menjadi Password Security. Perhatikan gambar dibawah:


3. Lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini:   


Untuk memberi password:

- Centang  require a password to open the document. Tujuannya adalah agar ketika orang lain membuka dokumen PDF, mereka harus mengetahui passwordnya terlebih dahulu. 

- Centang require a password to change permissions for the document. Tujuannya adalah ketika seseorang mencoba untuk menghilangkan password PDF, maka orang lain harus tahu kata kunci untuk menghilangkan password PDF, merubah, copy text PDF.

- Jika anda ingin agar dokumen PDF anda tidak bisa di-print, maka pada Printing Allowed pilih Not Allowed

- Kemudian ada menu changing allowed. Jika anda memilih Not Allowed maka ketika seseorang membuka PDF anda, PDF anda tidak bisa diberi highlights (stabilo), comment, maupun menandai setiap text PDF anda. Namun, jika anda memilih  commenting, filling in form fields maka orang yang membuka PDF anda bisa memberi komentar, stabilo pada PDF anda tetapi tidak bisa copy text anda.

- Jika anda ingin agar file PDF tidak dapat di copy-paste, maka hilangkan centang pada menu enable copying of text, images, and other content. 

4. Setelah itu klik OK. 

Tanda-tanda jika PDF sudah diberi password akan terdapat tulisan SECURED pada file PDF anda. Lihat penampakannya dibawah ini. 


Oke itu saja tutorial singkat tentang cara mudah memberi password pada file PDF anda. Caranya sangat simpel dan mudah. Selamat mencoba.  

0 comments:

Post a Comment