Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Cara Menghitung Tarif Pajak Degresif

El Heze
Perhitungan tarif pajak bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara perhitungan tarif pajak yaitu menggunakan perhitungan tarif pajak degresif. Tarif pajak degresif merupakan tarif pajak yang persentasenya semakin kecil apabila dasar pengenaan pajak meningkat. Jumlah pajak terutang akan berubah sesuai perubahan tarif dan perubahan dasar pengenaan pajak. 

Contoh tarif pajak degresif adalah bea cukai. Tarif pajak degresif ini ditujukan agar lebih memicu untuk meningkatkan adanya perdangan internasional ekspor dan impor. 

Tarif pajak degresif dibagi menjadi 3 jenis, yaitu tarif degresif-proporsional, tarif degresif-progresif, tarif degresif-degresif. 

TARIF DEGRESIF-PROPORSIONAL

Tarif ini merupakan tarif pajak yang persentasenya semakin kecil apabila dasar pengenaan pajak meningkat dan besarnya penurunan tarif sama besar. Jumlah pajak yang terutang akan berubah sesuai dengan perubahan tarif dan dasar pengenaan pajaknya. 

Contoh perhitungan tarif degresif-proporsional


TARIF DEGRESIF-PROGRESIF

Tarif degresif-progresif merupakan tarif pajak yang persentasenya semakin kecil apabila dasar pengenaan pajaknya meningkat dan besarnya penurunan tarifnya semakin besar. Sedangkan jumlah pajak yang terutang akan berubah sesuai dengan perubahan tarif dan perubahan dasar pengenaan pajaknya. 




TARIF DEGRESIF-DEGRESIF

Tarif degresif-degresif merupakan tarif pajak yang persentasenya semakin kecil apabila dasar pengenaan pajaknya semakin besar, dan besarnya penurunan dari tarifnya semakin kecil. Sedangkan jumlah pajak yang terutang akan berubah sesuai dengan perubahan tarif dan perubahan dasar pengenaan pajaknya. 

Contoh perhitungan tarif degresif-degresif


0 comments:

Post a Comment