Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Pengertian dan Contoh Investasi Leher Keatas

El Heze
Dalam investasi, anda mungkin sering mengenal istilah INVESTASI LEHER KEATAS. Apa itu investasi leher keatas? Saya sendiri pernah beberapa kali mendapatkan pertanyaan tentang pengertian investasi leher keatas ini. Di istilah2 ekonomi, istilah investasi leher keatas ini juga kerap kali digunakan. 

Oke, mari kita langsung bahas saja apa itu makna investasi leher keatas. 

PENGERTIAN INVESTASI LEHER KEATAS 

Secara sederhana, pengertian investasi leher keatas adalah investasi ilmu (investasi yang tidak bersifat material). Disebut dengan leher keatas karena bagian leher keatas manusia adalah otak. Maka dari itu, investasi leher keatas ini identik dengan INVESTASI ILMU itu tadi. 

Karena investasi ilmu akan menambah pengalaman, pengetahuan, dan meningkatkan skill anda. Singkatnya, investasi leher keatas akan menjadikan anda semakin kaya ilmu. Seperti ada kata2 bijak yang mengatakan: Uang bisa habis, tetapi ilmu tidak bisa habis. Kalau anda punya ilmu, sampai kapanpun ilmu itu akan awet. Tetapi uang sebanyak apapun bisa habis, kalau anda tidak punya ilmu dan tidak bijak dalam menggunakannya, 

Nah ketika kita berbicara investasi, maka yang ada di benak kebanyakan orang adalah investasi dalam bentuk materiil. Baik dalam bentuk uang (saham, deposito, reksadana) maupun barang (seperti investasi tanah, bangunan, emas dan lain2).  

Padahal sejatinya investasi itu tidak melulu bicara soal investasi materi saja. Investasi leher keatas ini ibaratnya adalah investasi yang tidak kelihatan. Ya, karena anda menginvestasikan ilmu anda, supaya memperkaya keterampilan anda, maka investasi ini bukanlah investasi riil. 

Beda lagi kalau anda menginvestasikan uang anda untuk beli emas atau properti. Maka wujud investasi tersebut ada dan bahkan anda mungkin bisa lebih emiliki rasa prestige ketika memiliki investasi yang berwujud. 

Banyak orang yang masih belum memahami pentingnya investasi leher keatas karena orang masih lebih suka mendapatkan uang banyak dari hasil investasi riilnya. Tidak salah juga, karena tujuan investasi salah satunya juga untuk menghasilkan kekayaan. 

Namun jangan melupakan investasi leher keatas, karena ilmu adalah hal yang tidak kalah penting dibandingkan uang / materi. Banyak orang yang masih cenderung pelit dalam melakukan investasi leher keatas karena mereka beranggapan, investasi leher keatas ini cenderung lebih banyak menghabiskan uang. 

CONTOH INVESTASI LEHER KEATAS 

Apa contoh investasi leher keatas? Sesuai definisi tadi, bahwa investasi leher keatas adalah investasi ilmu. So, contoh investasi leher keatas antara lain adalah: 

- Anda mengikuti workshop tentang digital martketing
- Anda mengikuti pelatihan tentang cara membuat game 
- Anda mengikuti workshop SEO 
- Mengikuti kursus brevet pajak 
- Mengikuti kursus memasak 
- Mengikuti kelas-kelas pelatihan bahasa asing 
- Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya 

Investasi leher keatas yang baik apabila investasi yang anda lakukan sesuai dengan bakat, minat dan tujuan yang sudah anda tentukan. Sebagai contoh, jika anda ingin menjadi seorang pebisnis online yang handal, maka anda harus melakukan investasi leher keatas, misalnya dalam bentuk mengikuti pelatihan tentang SEO, kursus tentang bisnis online, dan kursus2 lain yang berkaitan dengan bisnis online. Paham sampai disini? 

Itulah pengertian investasi leher keatas dan contoh-contoh investasi leher keatas. Semoga memberikan pencerahan bagi anda yang sedang mencari istilah investasi leher keatas ini.

0 comments:

Post a Comment