Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

5 Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Panduan Lengkap

El Heze
Membuat dan menulis blog adalah salah satu aktivitas yang bisa anda lakukan untuk menyalurkan hobi (melalui tulisan) sekaligus sebagai sarana untuk mendapatkan uang dari internet. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan ini bisa dilakukan dengan cara nge-blog. 

Sudah banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan dari blog, baik penghasilan sampingan, bahkan penghasilan utama. Beberapa contoh blogger luar negeri yang sukses seperti Darren Rowse, Linda Ikeji bisa mendapatkan puluhan-ratusan ribu dollar sebulan dari hasil bloggingnya. Linda Ikeji contohnya, blogger dari Nigeria yang berhasil memiliki pendapatan sekitar $100.000 tiap bulan. 

Sedangkan di Indonesia sendiri, kita bisa lihat contoh2 blogger sukses seperti Mas Sugeng (sugeng.id), Mas Timon (mastimon.com) dan lain2, yang bahkan bisa menjadikan blog sebagai penghasilan utama. 

Jadi, untuk bisa menghasilkan uang dari aktivitas nge-blog, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut: 

1. Tentukan topik yang anda sukai dan banyak dicari orang  
2. Bikin blog. 
3. Mendapatkan pengunjung blog 
4. Menulis dan update blog secara konsisten

Intinya, buat menghasilkan duit dari blog, anda harus MEMBANGUN terlebih dahulu. Blog anda akan menghasilkan uang kalau topik anda banyak dicari, dan anda memiliki banyak pengunjung, serta rajin melakukan update. 

Di satu sisi, anda juga harus menyukai topik blog yang anda tulis. Karena banyak orang yang tidak menyukai apa yang ditulis, sehingga akhirnya tidak ada ide-ide baru yang muncul untuk ditulis di blog. 

Menentukan topik yang menarik dan dicari banyak orang ada banyak sekali, misalnya blog pendidikan, blog keuangan, blog bisnis, blog yang membahas seputar dunia blogging, blog fotografi, dan lain2. 

Untuk mendapatkan pengunjung blog, anda harus rajin menulis konten2 baru, dan mempromosikan blog anda (misalnya lewat instagram, facebook ads, atau anda membuat grup FB khusus untuk promosi artikel2 yang anda tulis). 

MENGHASILKAN UANG DARI BLOG 

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog itu sendiri? Setelah anda membangun blog, membangun konten, barulah anda bisa mulai menghasilkan uang dari blogging. Ada 5 cara agar anda bisa mendapatkan uang dari blog, yaitu sebagai berikut: 

1. Pendapatan iklan blog (google adsense)

Blog anda yang menghasilkan uang dari pendapatan iklan. Salah satu penyedia iklan berbayar yang paling terkenal dan terpercaya adalah google adsense. Semakin banyak pengunjung blog, semakin besar kemungkinan iklan yang anda pasang di blog di-klik oleh visitor. Dari situlah anda akan mendapatkan uang. 

Besar kecilnya nilai klik google adsense tergantung dari penyedia iklan. Untuk mendapatkan nilai klik yang banyak, anda harus bisa mendapatkan pengunjung itu tadi, yaitu dengan cara rajin menulis konten2 baru dan mempromosikan blog.  

2. Menjual produk

Anda bisa menjual produk-produk yang berkaitan dengan topik blog anda. Misalnya, jika blog anda bertemakan kesehatan dan olahraga, anda bisa menjual alat-alat olahraga. Jika tema blog anda adalah fotografi, anda bisa menjual kamera atau menjual hasil jepretan fotografi anda. Jika blog anda bertemakan akuntansi, anda bisa menjual software akuntansi. 

Jika blog anda bertemakan kerajinan tangan, anda bisa menjual barang2 hasil kerajinan tangan anda. Dan masih banyak lagi. Menjual produk di blog bisa menjadi sarana untuk meningkatkan pendapatan jauh lebih banyak, selain dari google adsense itu sendiri.  

3. Menjual jasa

Jika anda memiliki blog, di mana anda memiliki keahlian khusus terkait topik blog anda, maka anda bisa menjual / menyediakan jasa. Anda bisa menyediakan jasa online coaching maupun secara offline. 

Sebagai contoh, jika tema blog anda tentang dunia blogging, anda bisa menyediakan jasa kursus blog. Jika blog anda bertemakan belajar bahasa Inggris, anda bisa menyediakan jasa kursus bahasa Inggris. 

Namun untuk bisa menjual jasa, anda harus benar2 punya keahlian spesifik, agar anda bisa memuaskan klien anda, dan anda mendapatkan testimonial yang semakin banyak, sehingga blog anda lebih dikenal dan dipercaya banyak orang. 

4. Menjual konten premium

Anda bisa menjual konten blog premium, di mana anda menetapkan program keanggotaan. Bagi member-member yang sudah membayar, mereka dapat mengakses konten premium "rahasia" anda yang tidak bisa diakses oleh anggota yang belum berbayar. Dengan cara ini, anda bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar. 

Misalnya, anda membuat blog tentang memasak. Di beberapa artikel, anda bisa menulis tentang konten resep-resep rahasia, namun konten2 anda tersebut hanya bisa diakses untuk mereka yang sudah membayar.  

5. Mengadakan seminar / event

Anda bisa mengadakan event-event maupun pelatihan yang bersifat seminar di kota-kota tertentu, yang anda promosikan dan umumkan melalui blog anda. Melalui seminar2 ini, anda bisa menambah penghasilan yang besar. 

Sebagai contoh, anda bisa lihat website tentang keuangan (finansial) yang dikelola oleh finansialku.com. Yup, website tersebut seringkali mengumumkan event2 dan seminar tentang perencanaan keuangan. 

Itulah 5 cara menghasilkan uang dari blog yang sudah terbukti menghasilkan. Dan cara-cara ini juga banyak digunakan para blogger. Jika dirangkum, maka berikut langkah2 tahapan menghasilkan uang dari blog: 

Cara Menghasilkan Uang dari Blog
Mulailah dengan membangun blog, mendapatkan kepercayaan dan visitor. Setelah itu, mulailah mendapatkan uang dengan 5 cara tersebut, sesuai dengan keahlian anda masing-masing.

0 comments:

Post a Comment