Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

7 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

El Heze
Mendapatkan uang dari internet / online bukan merupakan hal yang asing lagi bagi kita. Di zaman yang sudah serba bisa dan serba online, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet. Saya juga pernah menuliskannya disini: 7 Cara Menghasilkan Uang dari Internet. 

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang akan kita bahas disini adalah menjadi seorang YOUTUBER. Kalau anda berselancar ke situs youtube, semakin banyak video-video baru yang diupload. 

Kita juga sudah tidak asing lagi dengan para youtuber yang berhasil mendapatkan banyak uang dari youtube. Contohnya youtuber Indonesia seperti Ria Ricis, Atta Halilintar adalah contoh2 orang yang bisa mendapatkan duit banyak dari konten2 youtube yang dihasilkan.

youtube.com
 Anda tentu juga punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan uang dari youtube. Bagaimana cara memulainya? Dari mana anda bisa mendapatkan uang dari youtube?

Berikut adalah 7 cara mendapatkan uang dari youtube, di mana cara-cara ini juga adalah cara2 yang sering digunakan oleh para youtuber untuk memperoleh pundi-pundi: 

1. Membuat konten yang berkualitas

Buatlah konten video yang ringkas, mudah dipahami dan langsung masuk ke intinya. Jangan membuat video2 clickbait. Percayalah video2 clickbait ini membuat anda tidak akan mendapatkan banyak subscribers. Apalagi kalau anda masih youtuber baru, anda harus mendapatkan kepercayaan dari para viewer. So buatlah konten yang benar2 bermanfaat yang tidak ada unsur clickbaitnya. 

Kalau anda ingin video2 anda dikenal banyak orang (dan otomatis anda pasti dapat uang lebih banyak), maka buatlah konten video yang bermanfaat dan memberikan informasi yang dibutuhkan orang banyak. 

Usahakan di dalam video anda selalu memberikan deskripsi atau penjelasan2 secara lisan. Anda boleh memberikan tambahan deskripsi dalam bentuk tulisan juga untuk memperjelas maksud konten video yang anda buat.  

Perhatikan juga kualitas video. Buatlah video berkualitas yang enak ditonton oleh semua orang (tidak blur atau buram). Membuat konte

2. Membuat konten video yang banyak dicari orang

Ada berbagai macam konten youtube, tetapi tidak semua konten youtube memiliki viewer yang berlimpah. Maka dar itu, anda harus pintar memilih konten video yang banyak dicari oleh viewer. Konten video yang banyak dicari orang akan membuat video anda tidak akan lekang oleh waktu, dan akan terus dicari sampai kapanpun. 

Sehingga anda bisa memperoleh penghasilan dari youtube yang lebih stabil. Berikut adalah konten2 video youtube yang memiliki banyak viewer: 

  • Video lucu
  • Video tutorial 
  • Video review produk 
  • Video fakta-fakta unik

Coba anda bayangkan kalau anda sedang jenuh dan anda buka youtube, apa yang anda cari? Anda pasti akan mencari hiburan untuk melepaskan kejenuhan anda. Nah, orang lain pun akan punya pikiran yang sama ketika mereka jenuh.. 

Maka dari itu, membuat video lucu / hiburan (misalnya video tentang tingkah laku lucu hewan, atau video komedi), video fakta-fakta unik dan menarik, video-video wisata akan menjadi video yang sangat banyak dicari orang.

Video tutorial, misalnya tutorial memasak, tutorial diet, tutorial manga juga selalu banyak dicari oleh orang. Tutorial2 akan lebih mudah dimengerti dan dicerna melalui video. Oleh karena itu, tutorial akan selalau dicari banyak viewer di youtube.

Kalau anda punya hobi di bidang produk-produk tertentu misalnya fotografi, anda bisa membuat review produk kamera dan perlengkapan2 fotografi. Video2 review produk juga memiliki viewer yang cukup banyak di youtube. 

3. Update konten video secara rutin

Channel youtube anda bisa mendapatkan semakin banyak pengunjung apabila anda terus melakukan upload konten video secara rutin. Usahakan dalam satu minggu setidaknya anda bisa upload minimal 1-2 video baru.   

Agar anda memiliki kemampuan untuk upload video secara rutin, anda harus menguasai dan menyukai konten video yang anda buat. Karena dengan menyukai konten video anda, anda pasti akan terus memiliki ide-ide video baru yang bisa anda upload di channel anda.

Cobalah untuk membawa ide baru dalam setiap konten video yang anda upload, supaya anda bisa mendapatkan lebih banyak viewer, dan pengunjung video anda tidak bosan dengan konten2 anda. 

4. Google adsense untuk youtube 

Anda bisa mendapatkan uang melalui google adsense. Yup, google adsense ini anda pasang di video youtube anda. Dan setiap viewer yang menonton atau klik iklan yang anda tayangkan di video, anda akan mendapatkan earning dari nilai klik google adsense tersebut. 

Itulah pentingnya tiga langkah pertama diatas, yaitu membuat konten berkualitas, konten yang banyak dicari dan update konten secara konsisten. Karena semakin banyak viewer, potensi anda untuk mendapatkan nilai klik iklan di youtube akan semakin besar. 

5. Menjual merchandise di youtube

Di awal atau akhir video, anda bisa menjual merchandise2 kepada para viewer anda. Misalnya kalau anda buat konten tentang video fitness, anda bisa menjual kaos gym, topi gym atau tas gym, dan lebih baik juga kalau anda menjual produk / brand anda sendiri. Anda bisa memberikan nomor kontak di akhir video untuk pemesanan merchandise anda.

Cara ini juga bisa menjadi alternatif atau tambahan mendapatkan uang dari google adsense. Namun untuk bisa menjual merchandise, anda harus mendapatkan viewer yang banyak dan kepercayaan viewer terhadap konten video anda. 

Maka dari itu, tiga langkah tadi harus anda tekuni sebelum anda bisa menjual produk2 anda melalui video yang anda buat.   

6. Mengadakan seminar berbayar

Di video, anda juga bisa mempromosikan seminar atau pelatihan2 berbayar. Khususnya kalau anda membuat video tentang tutorial, video tentang mengajar / kursus online di youtube, anda bisa memberikan tambahan pelatihan secara offline yang anda promosikan di awal / akhir video anda. 

7. Menjual karya atau video anda

Anda bisa menjual konten video anda melalui website pribadi atau website komersial. Anda bisa meng-upload video cuplikan (teaser), dan anda mengarahkan para viewer anda untuk membeli / membayar konten video anda jika ingin menonton versi video full yang anda buat.

Itulah 7 cara mendapatkan uang dari youtube. Anda harus memaksimalkan kualitas video, konsistensi upload video dan mendapatkan viewer yang banyak. Dari situlah anda bisa memaksimalkannya untuk mendapatkan uang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan bagan cara mendapatkan uang dari youtube:
Cara mendapatkan uang dari youtube

0 comments:

Post a Comment