Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

5 Cara Mengumpulkan Uang dengan Cepat bagi Pelajar

El Heze
Menabung harus dimulai sejak dini. Yup, itulah anjuran dan nasehat yang mungkin seringkali kita dengar. Artinya, menabung dan mengumpulkan uang harus sudah diterapkan sejak anda masih berada di bangku sekolah / pelajar. 

Jangan menunggu mengumpulkan uang ketika anda baru bekerja. Kebiasaan positif menabung ini nantinya akan membawa dampak positif bagi anda di masa mendatang. 

Di satu sisi, mungkin mengumpulkan uang /menabung bagi pelajar masih banyak yang belum bisa menerapkan, karena kebanyakan orang baru berkomitmen atau serius menabung ketika mereka sudah bekerja dan cari makan sendiri. 

Maka dari itu, disini kita akan menerapkan bagaimana cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar. Anda bisa mengikuti dan mempraktikkan tips-tips berikut ini:
Cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar
1. Skenario 1: Sisakan uang jajan anda sebanyak 50% 

Ketika anda mendapatkan uang jajan dari orang tua, anda harus komitmen untuk menyisakan uang jajan anda sebanyak 50%. Misalnya, uang jajan harian anda sebesar Rp20.000. Maka gunakan sebesar Rp10.000, dan sisanya 50% yaitu Rp10.000 sisakan untuk ditabung. 

Lakukan ini setiap hari, maka dalam satu bulan anda sudah mendapatkan tabungan sebesar Rp300.000 (bervariasi setiap orang). 

2 Skenario 2: Sisakan uang jajan anda minimal 10%

Bagaimana kalau nggak bisa menyisakan uang jajan 50%? Terkadang ada banyak faktor mengapa anda belum bisa menyisihkan uang jajan sebanyak 50%. Faktor banyak sedikitnya uang jajan harian yang anda terima, biaya kebutuhan jajan anda akan sangat berpengaruh juga.
Nah, kalau anda belum bisa menyisihkan uang jajan 50% dari kebutuhan anda, anda bisa menyisakan uang jajan minimal 10% dari kebutuhan anda. Kembali ke contoh tadi. Jika uang jajan anda sehari Rp20.000. Maka sisakan 10% untuk ditabung yaitu Rp2.000. 

Maka dalam sebulan anda sudah mengumpulkan uang tabungan dari uang saku anda sebanyak Rp60.000 (Rp2.000 x 30 hari). Lumayan kan? Kalau anda bisa melakukan secara konsisten, tabungan anda akan semakin bertambah banyak dari waktu ke waktu.

Percayalah, kalau anda melakukan hal ini secara rutin, anda akan membiasakan diri anda untuk menabung, sehingga dengan kebiasaan menabung, kedepan anda bisa menyisihkan lebih dari 10% dari uang jajan anda. 

3. Pakai uang jajan untuk kebutuhan utama 

Usahakan anda menggunakan uang jajan untuk kebutuhan utama dulu yaitu makan. Sebelum makan, jangan membeli barang2 diluar kebutuhan anda, misalnya membeli camilan, mainan atau hal2 lain yang kurang diperlukan. 

Kebutuhan utama anda yaitu makan harus dipenuhi terlebih dahulu. Kalau anda sudah memenuhi kebutuhan utama, barulah anda bisa mencapai kebutuhan lain. Misalnya, membeli jajan atau barang lain yang anda inginkan, namun tetap dengan budget yang sudah anda tentukan (anda tetap bisa menabung minimal 10% sehari dari uang jajan). 

Dengan memenuhi kebutuhan utama (makan), maka anda akan lebih dapat meminimalkan keinginan2 anda yang lain, seperti jajan berlebihan yang tentunya akan menghabiskan banyak uang (seharusnya uang tersebut bisa anda tabung). 

4. Simpan sisa uang jajan di tabungan / celengan

Usahakan ketika ada sisa uang jajan hari itu, jangan pernah membawa sisa uang jajan anda untuk keesokan hari. Sisa uang jajan anda hari itu harus anda taruh di rumah anda untuk ditabung (masukkan di celengan pribadi anda). 

Kalau anda membawa sisa yang jajan anda di hari sebelumnya, anda akan berpotensi menggunakan uang anda untuk membeli barang2 yang tidak perlu, dan tentu saja hal ini membuat anda tidak akan bisa menabung dengan maksimal. 

5. Melakukan evaluasi pengeluaran uang jajan 

EVALUASI PENGELUARAN.. Sepertinya 'mustahil' bagi pelajar untuk melakukan evaluasi pengeluaran, karena pada umumnya hal ini harusnya dilakukan oleh orang2 yang sudah bekerja, yang sudah berumah tangga. 

Tapi tunggu dulu.. Sejak dini anda harus sudah belajar untuk melakukan evaluasi pengeluaran, agar dampak positif anda bisa terus anda jalankan di kemudian hari. 

Walaupun anda masih pelajar, sangat penting bagi anda untuk mengevaluasi pengeluaran2 uang jajan anda. Nah, setiap bulan anda harus mengevaluasi pengeluaran2 uang jajan apa saja yang kurang diperlukan. 

Misalnya, anda jajan terlalu banyak. Maka di bulan berikutnya, anda harus mengurangi frekuensi jajan anda, dan utamakan kebutuhan utama anda (makan). Dengan demikian, anda bisa meningkatkan jumlah tabungan anda jauh lebih cepat, karena anda sudah mengetahui apa yang menyebabkan anda boros. 

Itulah 5 cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar. Cara ini kedengarannya simpel, tapi harus diakui penerapannya kadang tidak semudah itu, karena pasti ada banyak godaan. 

Namun dengan MEMBIASAKAN DIRI untuk menabung, berhemat dan menerapkannya setiap hari... Percayalah hal ini akan menjadi kebiasaan dan budaya positif yang anda bangun, sehingga uang yang terkumpul itu nantinya di masa mendatang bisa anda investasikan kembali (misalnya di deposito), atau anda bisa membeli barang2 kebutuhan seperti sepeda motor. 

Terapkan cara-cara ini. Semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment