Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Cara Mengatur Waktu Belajar untuk Mahasiswa

El Heze
Tingkat dan level pendidikan mahasiswa berbeda dengan pelajar SMA. Anda mahasiswa memiliki kegiatan yang lebih padat dibandingkan pelajar, karena sebagai mahasiswa, tugas anda bukan hanya belajar, namun anda juga harus mengikuti organisasi2 atau kegiataan panitia untuk meningkatkan soft skill anda. 

Mahasiswa juga memiliki metode2 belajar seperti presentasi dan tugas2 lain yang tentunya berbeda dengan level pelajar. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa, anda harus bisa mengatur waktu belajar dengan bijaksana. 

Karena kalau anda tidak bisa mengatur waktu belajar, tugas-tugas kuliah anda bisa terbengkalai dan tentu saja anda tidak akan bisa maksimal dalam kuliah anda. Maka dari itu, mengatur waktu belajar yang benar itu sangatlah diperlukan. 

Ada beberapa tips cara mengatur waktu belajar untuk mahasiswa. Apa saja tips-tipsnya? Mari kita bahas.. 

Cara mengatur waktu belajar untuk mahasiswa
1. Mengatur waktu untuk belajar dan organisasi 

Untuk mahasiswa, anda harus bisa mengatur waktu antara belajar dan mengikuti organisasi. Artinya, jangan sampai anda terlalu banyak mengikuti organisasi, sehingga membuat anda tidak punya waktu belajar sama sekali. 

Kegiatan organisasi itu perlu, namun anda harus bisa membatasi sesuai dengan kemampuan anda. Ikutilah organisasi di mana dengan adanya kegiatan2 tersebut, anda tetap bisa belajar dan mengikuti kegiatan2 di perkuliahan anda. 

2. Siapkan waktu belajar terbaik

Mahasiswa memang jauh lebih fleksibel dibandingkan pelajar. Anda bisa saja kuliah pagi, dan sorenya sudah nyantai atau sebaliknya. Atau bahkan, anda kuliah mulai pagi sampai sore (biasanya untuk mahasiswa2 tingkat awal). 

Maka dari itu, agar anda bisa mengatur waktu belajar, anda harus menyiapkan waktu belajar yang terbaik untuk anda, di mana pada waktu tersebut, anda bisa fokus dan konsentrasi untuk belajar. 

Sebagai contoh, kalau anda kuliah pagi sampai sore, gunakan waktu belajar full di malam harinya. Atau anda bisa memanfaatkan jam istirahat juga untuk belajar. 

Kalau anda memiiki kegiatan organisasi di sore hari, maka ada baiknya anda manfaatkan waktu belajar di pagi-hari dan malam harinya. Dalam menyiapkan waktu belajar, siapkan waktu yang menurut anda waktu tersebut luang untuk anda. 

Maka dari itu, untuk bisa memiliki waktu luang tersebut, anda harus bisa mengatur waktu antara organisasi, dan bermain / hang out. Utamakan tugas-tugas kuliah anda terlebih dahulu. Kalau tugas2 anda sudah selesai, barulah anda bermain / hang out. 

Demikian juga dengan kegiatan2 soft skill yang anda ikuti. Anda harus bisa menyesuaikan banyaknya kegiatan2 soft skill dengan tugas kuliah. Jangan sampai kegiatan2 anda terlalu menyita waktu untuk tugas2 kuliah anda. 

3. Fokus selama waktu belajar 

Kebiasaan buruk mahasiswa umumnya mahasiswa mudah sekali tergoda untuk bermain, hang out atau melakukan kegiatan2 lain diluar belajar. Padahal saat itu adalah waktu yang efektif untuk anda belajar. 

Maka dari, agar waktu belajar anda bisa efektif, ketika anda sedang belajar anda harus benar-benar fokus untuk belajar. Jangan membuang waktu dengan kegiatan2 lain diuar belajar, kecuali kalau anda sudah menyelesaikan tugas2 anda.  

4. Luangkan weekend untuk mengerjakan tugas kuliah 

Weekend memang identik dengan refreshing, jalan-jalan, dan segala hal lain yang berhubungan dengan mengerjakan hobi pribadi dan hiburan. Nah, tetapi tidak ada salahnya kalau di waktu weekend anda membagi waktu anda untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dan refreshing. 

Misalnya pagi-siang anda mengerjakan tugas kuliah, kemudian sore-malam anda refreshing. Atau sebaliknya, pagi-siang anda refreshing, kemudian sore-malam anda mengerjakan tugas kuliah. 

Justru untuk mahasiswa weekend bisa anda manfaatkan untuk mengatur waktu belajar yang lebih baik, karena pada saat weekend anda lebih fleksibel. Tentu saja refreshing tetap diperlukan. Oleh karena itu, anda perlu menyesuaikan weekend anda untuk refreshing dan mengerjakan tugas-tugas kuliah. 

Dan yang terpenting, dalam mengerjakan tugas2 kuliah dan belajar, jangan pernah menunda waktu, karena semakin lama anda menunda waktu, maka semakin banyak tugas2 yang terabaikan, padahal di satu sisi, mungkin anda juga harus mengikuti kegiatan dan organisasi2 di kampus anda. 

Itulah 4 cara mengatur waktu belajar untuk mahasiswa. Silahkan menerapkan cara-cara ini. Semoga sukses sampai wisuda.. 

0 comments:

Post a Comment