Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

6 Cara Mengatur Waktu dengan Baik

El Heze
Mengatur waktu adalah suatu pekerjaan yang susah susah gampang. Kelihatannya kita tidak sulit untuk mengatur waktu pribadi. Namun dalam praktikknya, mengatur waktu ternyata tidak semudah yang kita pikirkan. 

Selalu saja ada gangguan-gangguan, sehingga aktivitas yang dilakukan berantakan dan tidak terarah. Akibatnya, seseorang bisa menjadi tidak disiplin dalam mengatur waktu, sehingga banyak hal-hal penting dalam kesehariannya yang dilewatkan.

Nah maka dari itu, mulai sekarang anda harus bisa mengatur waktu dengan baik. Anda harus bisa mengelola waktu dengan baik agar anda bisa menyelesaikan pekerjaan2 anda tepat waktu. 
Cara mengatur waktu dengan baik
Bagaimana cara mengatur waktu yang benar? Ada 6 cara mengatur waktu dengan baik. Apa saja itu? Mari kita bahas bersama:   

1. Membuat jadwal pekerjaan anda  

Anda harus mulai membuat jadwal pekerjaan yang akan anda lakukan. Buatlah semua jadwal pekerjaan, dimulai dari pekerjaan yang paling dekat, yang harus anda lakukan sampai pekerjaan minimal hingga seminggu kedepan. 

Buatlah catatan-catatan mengenai rincian apa saja yang perlu anda kerjakan. Anda bisa Mencatat aktivitas anda di catatan kecil atau di sticky notes pada laptop / PC pribadi. Hal ini perlu anda lakukan terutama untuk anda yang mudah lupa. 

Membuat jadwal pekerjaan yang harus anda lakukan kedepan ini sangat penting agar anda tidak melewatkan tugas-tugas penting, terutama yang terkait dengan deadline. 

2. Membuat skala prioritas pekerjaan

Setelah anda membuat jadwal, kini saatnya anda menentukan SKALA PRIORITAS di dalam pekerjaan. Kalau anda memiliki banyak pekerjaan yang harus anda lakukan dalam waktu dekat, anda harus menentukan pekerjaan apa yang paling penting untuk dikerjakan pertama. 

Pekerjaan yang paling penting adalah pekerjaan yang harus masuk di dalam skala prioritas. Sebagai contoh, jika anda memiliki beberapa pekerjaan berikut: 

- Deadline laporan keuangan dalam waktu 2 hari
- Deadline laporan pajak dalam waktu 4 hari
- Anda berencana les / belajar mobil dalam seminggu kedepan 

Tipsnya, prioritaskan pekerjaan yang paling dekat, dan paling penting untuk anda lakukan. Jika ada pekerjaan dengan deadline terdekat, maka itulah yang harus anda masukkan dalam skala prioritas terlebih dahulu. 

Pada contoh diatas, anda memiliki deadline laporan keuangan dalam waktu 2 hari kedepan (yang paling dekat). Oleh karena itu, deadline tersebut hendaknya anda kerjakan terlebih dahulu. Sedangkan kegiatan anda untuk berencana untuk belajar mobil bisa anda tunda, sampai deadline2 yang lain selesai, karena belajar mobil bukanlah pekerjaan yang sifatnya urgent. 

Selain itu, hindari juga multi-tasking alias mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan. Ha ini akan membuat anda menjadi tidak produktif dan efektif dalam bekerja. 

3. Eliminasi aktivitas yang kurang diperlukan 

Dalam membuat daftar pekerjaan dan skala prioritas, usahakan untuk melakukan eliminasi / menghilangkan aktivitas2 yang kurang diperlukan. Misalnya, aktivitas hang out, bersenang-senang adalah aktivitas yang bisa ditunda. Ada baiknya aktivitas2 tersebut anda hilangkan dahulu dari jadwal pekerjaan anda. 

Sehingga daftar prioritas pekerjaan anda hanya berisi pekerjaan2 yang penting yang harus anda lakukan. Hal ini akan membuat anda lebih fokus dalam bekerja. 

4. Fokus pada pekerjaan yang paling penting 

Seperti yang saya tuliskan di poin kedua, anda harus membuat skala prioritas. Itu artinya, agar anda bisa mengatur waktu dengan baik, anda harus fokus untuk melakukan pekerjaan yang paling penting. 

Pekerjaan yang paling penting adalah: Pekerjaan yang paling dekat dengan deadline dan pekerjaan yang menurut anda memiliki tingkat (level) kesulitan yang lebih besar dibandingkan pekerjaan2 lainnya. 

Karena kalau anda mengutamakan pekerjaan yang kurang penting atau bisa ditunda, hal ini akan mengacaukan aktivitas anda sehari-hari. Anda akan mudah panik dan sulit berpikir jernih ketika anda dikejar deadline namun belum siap. 

5. Buat self deadline

Anda perlu membuat deadline untuk diri anda sendiri. Jika ada pekerjaan yang deadlinenya masih agak lama dan anda sedang mengerjakannya, ada baiknya anda membuat deeadline lebih cepat untuk anda sendiri, sehingga anda bisa mengerjakan pekerjaan anda lebih cepat, dan anda memiliki waktu lain untuk melakukan tugas2 anda yang lain.  

Hal ini membuat tugas anda lebih cepat selesai, sehingga anda tidak terburu-buru dalam bekerja dan anda nantinya juga memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk refreshing. 

6. Ambil waktu istirahat yang cukup   

Mengatur waktu dengan baik artinya anda harus bisa menyeimbangkan waktu bekerja dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup sangat penting untuk menunjang aktivitas anda selanjutnya dan menjaga kesehatan. 

Banyak orang yang melupakan untuk dapat istirahat yang layak. Maka dari mengambil waktu istirahat yang cukup adalah bagian dari cara mengatur waktu yang baik

Itulah enam cara mengatur waktu dengan baik yang bisa anda lakukan. Menerapkan cara-cara terebut tidaklah sulit. Mulailah dengan membuat daftar pekerjaan anda dan jalankan pekerjaan2 yang paling penting. 

Setelah anda bisa mengatur waktu dengan baik, anda pasti akan mampu untuk meningkatkan kualitas hidup dan menyeimbangkan bekerja, refreshing dan istirahat. 

0 comments:

Post a Comment