Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Cara Mengatasi Bosan di Tempat Kerja

El Heze
Seorang pekerja kantoran pasti pernah mengalami rasa bosan di tempat kerja. Hal ini wajar karena menjadi pekerja kantoran (karyawan) berarti anda akan melakukan aktivitas / rutinitas yang kurang lebih sama setiap harinya. 

Rasa bosan di tempat kerja bisa muncul kapanpun. Terutama ketika pekerjaan anda sedang tidak menumpuk, rasa bosan ini kerap kali muncul, karena anda tidak memiliki banyak aktivitas saat itu. Namun sebagai seorang karyawan anda harus bisa mengatasi rasa bosan tersebut. 

Kalau anda sedang bosan di tempat kerja, anda bisa melakukan hal-hal bermanfaat lainnya, yang dapat meningkatkan skill anda. Berikut ada 5 cara mengatasi bosan di tempat kerja yang bisa anda coba di kantor. Apa saja itu? Mari kita bahas. 

1. Membaca buku

Kalau anda sedang bosan di tempat kerja, anda bisa mengatasinya dengan membaca buku yang anda sukai. Entah novel, buku ilmu pengetahuan, buku investasi, buku psikologis dan lain-lain. Membaca buku juga sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda, yang mungkin tidak anda dapatkan di kantor / pekerjaan. 

Selalu sediakan 1 atau 2 buku di lemari meja kerja anda, supaya ketika anda sedang bosan, atau anda sedang tidak memiliki banyak pekerjaan, anda bisa memanfaatkan waktu untuk membaca buku. 

Jadi mulai sekarang, anda bisa pertimbangkan untuk mulai membaca buku jika rasa bosan di tempat kerja mulai 'menyerang' anda. 

2. Berselancar di dunia internet 

Bosan dengan rutinitas yang monoton bisa anda atasi dengan break sejenak. Anda bisa berselancar di dunia internet. Entah untuk membaca berita-berita aktual terbaru. Atau mungkin anda mencari ide-ide bisnis sampingan melalui internet. 

Semua itu sudah bisa dilakukan dengan mudah di zaman yang serba canggih ini. Tentu sajam anda harus lakukan aktivitas browsing yang bermanfaat, supaya waktu anda tidak terbuang sia-sia, dan anda bisa mendapatkan manfaat dari browsing yang anda lakukan. 

Jangan sampai rasa bosan di tempat kerja membuat anda menjadi tidak betah di dunia kerja, namun anda harus mencari celah agar anda bisa mengatasi rasa bosan dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat.    

3. Ngobrol dengan rekan kerja 

Bosan di tempat kerja? Kenapa tidak mencoba ngobrol dengan rekan kerja anda? Anda bisa membicarakan hal-hal yang terkait dengan pekerjaan, job desc atau apapun yang berhubungan dengan pekerjaan. 

Berkomunikasi dengan rekan kerja juga dapat menambah wawasan anda seputar pekerjaan-pekerjaan di kantor anda. Jadi tidak ada salahnya jika anda banyak berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja ketika anda sedang bosan atau tidak sedang banyak pekerjaan menumpuk. 

4. Jalan-jalan di area pabrik / produksi

Jika pekerjaan anda banyak dilakukan di belakang layar alias banyak bekerja di depan komputer / laptop, tentu pekerjaan ini akan membuat seseorang menjadi cepat bosan, karena anda terus bekerja di dalam ruangan. 

Oleh karena itu, anda bisa mengatasinya dengan cara jalan-jalan di sekitar area pabrik. Atau kalau perusahaan anda adalah perusahaan manufaktur, anda bisa berjalan di sekitar area produksi. 

Hal ini sangat bermanfaat untuk anda. Jalan-jalan di sekitar area pabrik atau produksi dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan rekan-rekan lebih luas mengenai area perusahaan dan bagaimana proses produksi di tempat anda bekerja. 

Kalau selama ini pekerjaan anda sangat membosankan dan anda banyak bekerja di depan komputer, pertimbangkanlah untuk mulai mempelajari area produksi dan sekitar pabrik anda supaya rasa jenuh anda bisa berkurang. 

5. Mencari ilmu baru di luar pekerjaan 

Carilah ilmu-ilmu baru di luar pekerjaan. Anda bisa mencoba untuk mencari ide-ide bisnis sampingan yang bisa anda jalani. Atau anda bisa mempertimbangkan untuk menyusun rencana anda kedepan. Apa yang ingin anda lakukan? Apa target-target anda? 

Saat anda sedang bosan, inilah kesempatan anda untuk mengembangkan skill dan rencana-rencana yang ingin anda capai kedepan. Ilmu2 baru diluar pekerjaan bisa anda raih dengan banyak cara. Berselancar di dunia internet juga bisa anda lakukan untuk mencari ilmu2 baru yang sebelumnya belum anda miliki. 
Cara mengatasi bosan di tempat kerja
Itulah 5 cara mengatasi bosan di tempat kerja yang bisa anda lakukan dengan simpel dan mudah. Jadi manfaatkanlah rasa bosan anda menjadi seusatu yang bermanfaat yang bisa meningkatkan skill dan pengetahuan anda. Semoga bermanfaat untuk anda. 

0 comments:

Post a Comment