Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Contoh Soal Independent Sample t-test + Interpretasi - Bagian I

El Heze
Pada pos ini: Contoh Soal uji t (t-test): One Sample t-test + Analisis - Bagian I dan Contoh Soal uji t (t-test): One Sample t-test + Analisis - Bagian II, saya sudah menjelaskan banyak mengenai one sample t-test. Nah, sekarang saya akan memberikan contoh soal independet sample t-test (dua sample independen). Silahkan simak soal dan pembahasan berikut ini:

Seorang peneliti ingin menguji perbedaan tinggi dan berat badan laki-laki dan perempuan. Untuk itu, dimasukkan 20 data tinggi dan berat badan laki-laki dan 20 data tinggi dan berat badan perempuan. Berikut adalah data untuk uji dua sample independen. Anda bisa download soal-nya disini: Contoh soal independent sample t-test. Setelah itu, anda masuk ke SPSS dan lakukan pengujian sebagai berikut:

1. Masuk SPSS --> Variable view


Pengisian:

- Pada Kolom Name isikan Gender, Tinggi, Berat 


Klik tabel Values untuk Gender dan isikan:
- 1 = laki-laki
- 2 = perempuan


2. Masuk Data View dan isikan data sebagai berikut di SPSS anda (klik gambar untuk memperbesar):


3. Pilih Analyze --> Compare Mean --> Independent Sample t Test 


Pengisian:
- Test Variablr(s) -->masukkan Tinggi dan Berat
- Grouping Variable --> pilih Gender. Gender dipilih karena Tinggi dan Berat akan diuji berdasarkan Gender.


Kemudian pada gambar SPSS diatas tampak bahwa pada Grouping Variable tertulis Gender (? ?). Oleh karena itu,  variabel tersebut harus didefinisikan. Untuk itu, klik Define Group dan tampak di layar...


Pengisian:
- Group 1 --> Isikan angka 1
- Group 2 --> Isikan angka 2

Keterangan tambahan: seumpama terdapat 4 kategori, maka grup 1 diisi 1 dan grup 2 diisi 4 (angka minimal dan maksimal suatu grup).

4. Tekan Continue --> OK

Kemudian akan muncul hasil / output dari independent sample t test. Untuk output dan analisis interpretasinya, bisa anda lihat di bagian II pos ini: Contoh Soal Independent Sample t-test + Interpretasi - Bagian II.

0 comments:

Post a Comment