Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

3 Tingkatan Manajemen di Organisasi dan Fungsinya

Di pos sebelumnya yang pernah saya tulis tentang fungsi manajemen disini: 4 Fungsi Manajemen dan Penjelasannya. Kita sudah membahas bersama mengenai fungsi-fungsi manejemen di dalam organisasi perusahaan. 

Nah, ketika kita berbicara tentang manajemen, maka level setiap manajemen di perusahaan dibagi lagi menjadi tingkatan. Biasanya kita menyebutnya dengan: Tingkatan manajemen. Terdapat tiga tingkatan manajemen di dalam organisasi yaitu: Manajemen puncak (tingkat atas), manajemen tingkat menengah dan manajemen supervisor (tingkat pertama). 

3 Tingkatan Manajemen

Apa perbedaan ketiganya? Mari kita bahas bersama. 

MANAJEMEN PUNCAK (TINGKAT ATAS) 

Manajer2 yang berada dalam posisi ini adalah presiden, direktur utama (chief executive officer - CEO), direktur keuangan (chief financial officer - CFO), wakil presiden. Manajemen puncak memiliki tugas untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan tujuan jangka panjang perusahaan selama 3-5 tahun kedepan.

MANAJEMEN TINGKAT MENENGAH (MIDDLE MANAGEMENT) 

Manajemen tingkat menengah terdiri dari manajer akuntansi / keuangan, sekretaris perusahaan, manajer penjualan, manajer produksi / pabrik. Manajer tingkat menengah bertanggung jawab terhadap keputusan2 jangka pendek perusahaan. Manajer tingkat menengah umumnya lebih berhubungan secara langsung dengan pabrik atau produksi secara langsung. 

Jadi manajer tingkat menengah ini memiliki tugas untuk memecahkan masalah2 di dalam perusahaan yang terkait dengan kegiatan operasional dan mencari metode2 untuk meningkatkan kinerja di divisinya. 

MANAJEMEN SUPERVISOR (TINGKAT PERTAMA) 

Manajemen tingkat pertama terdiri dari supervisor, asisten manajer, manajer umum. Manajer tingkat pertama lebih banyak terlibat dengan karyawan yang mengerjakan proses produksi sehari-hari. Sebagai contoh, supervisor produksi akan lebih banyak berhubungan dengan absensi karyawan produksi, lembur karyawan produksi, kebersihan di ruang produksi dan lain-lain. 

Antara manajemen puncak, menengah dan tingkat pertama semuanya harus memiliki link agar tujuan-tujuan setiap fungsi manajemen di dalam organisasi dalam berjalan dengan semestinya. Di dalam organisasi, tiga tingkatan manajemen ini memiliki kaitan masing-masing, di mana apa yang dilakukan oleh manajemen tingkat menengah semuanya bersumber dari pengambilan keputusan dan perintah dari manajemen tingkat puncak. 

Kemudian pekerjaan2 yang dilakukan oleh manejemen tingkat pertama, bersumber dari perintah manajemen tingkat menengah. Jika dijabarkan dalam sebuah hubungan antara manajemen tingkat atas, menengah dan tingkat pertama, maka hubungan antara 3 tingkatan manajemen beserta job descnya secara umum adalah sebagai berikut: 

Tugas antar manajemen puncak, menengah dan tingkat bawah. 

Sumber / Daftar pustaka: Madura, Jeff, Pengantar Bisnis, Jakarta, Salemba Empat. Edisi Keempat. 2011. 

0 comments:

Post a Comment