Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

10 Cara Mudah Menghemat Uang Setiap Hari

El Heze
Menghemat uang harus dilakukan oleh siapapun. Baik anda yang saat ini hidup sebagai anak kos, anda yang baru bekerja, maupun anda yang sudah bertahun-tahun bekerja, menghemat uang adalah bagian dari 'strategi kehidupan' yang sangat penting. 

Banyak orang yang mengalami kesulitan keuangan akibat tidak mampu mengelola keuangan dengan layak, padahal setiap dari kita bisa melakukannya. Mengelola keuangan berarti anda harus menghemat pengeluaran anda. Means, anda harus bisa menghemat uang anda. 

Persepsi salah yang seringkali kita temukan adalah, menghemat umumnya dilakukan orang pada saat tanggal tua. Tanggal muda banyak habisin duit, tanggal tua mulai berhemat. Well, cara seperti ini salah. 

Menghemat uang harus dilakukan setiap hari, selagi anda bisa menghemat uang, hendaknya anda melakukannya, sehingga pengeluaran anda tidak menggelembung. Oke, berikut ada 10 tips dan cara mudah menghemat uang setiap hari yang bisa anda terapkan:  

1. Mengurangi hang out

Apakah anda selama ini terlalu sering hang out, jalan2, menonton bioskop, pergi ke mall, di mana anda menghabiskan banyak pengeluaran dari hang out? Hang out ini adalah salah satu aktivitas yang sangat berpotensi meningkatkan pengeluaran anda. 

Maka dari itu, ada baiknya anda mengurangi hang out. Anda boleh saja melakukan hang out untuk refreshing, namun jangan sampai pengeluaran anda membengkak karena aktivitas hang out. Apalagi jika hampir setiap hari anda hang out, maka anda harus menguranginya. Hang out sebagai refreshing bisa anda lakukan cukup 2-3 kali saja dalam sebulan.  

2. Membuat daftar belanja

Sebelum anda memutuskan belanja, buatlah daftar barang apa saja yang mau anda beli. Percaya atau tidak, saat anda pergi ke supermarket / minimarket, akan ada banyak sekali godaan untuk membeli barang ini itu, yang sebenarnya barang2 tersebut berada di luar daftar belanja anda. 

Menetapkan daftar belanja, dengan cara mencatat barang2 yang mau anda beli, bisa membuat anda to the point ketika anda membeli barang di supermarket / minimarket, sehingga anda bisa tidak mengeluarkan uang untuk membeli barang2 di luar kebutuhan atau planning anda yang seharusnya. 

3. Mematikan lampu saat tidak diperlukan

Sadarkah anda, pengeluaran listrik sehari-hari sebenarnya bisa ditekan semaksimal mungkin. Caranya simpel: Matikan lampu apabila tidak diperlukan. Misalnya, ketika anda tidur, matikan lampu. Saat anda keluar dari kamar mandi, jangan lupa matikan lampu. Saat anda keluar rumah / kamar walaupun hanya sebentar, matikan lampu. Saat anda bangun tidur, matikan lampu yang sudah tidak diperlukan.

Yup, cara2 ini terdengar sepele, namun dengan cara ini, baik anda sadari maupun tidak, anda sudah bisa melakukan penghematan uang pengeluaran setiap hari.  

4. Memasak sendiri

Memasak sendiri bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran anda. Kalau selama ini anda mengeluarkan biaya yang besar untuk makan, anda bisa menyiasatinya dengan memasak sendiri.  

5. Membawa air minum sendiri

Anda yang selama ini mengeluarkan uang untuk membeli air mineral, mulai sekarang anda bisa mencoba untuk membawa air minum sendiri di tempat kerja anda. Membawa air minum sendiri bisa menekan pengeluaran harian anda. 

6. Kurangi penggunaan alat transportasi

Jika lokasi rumah / kos anda jauh dari tempat kerja, maka tentu anda harus menggunakan alat transportasi misalnya sepeda motor atau mobil. Tapi di kesempatan lain, ketika anda ingin bepergian jarak dekat, misalnya ke minimarket atau apotek terdekat, cobalah untuk tidak menggunakan alat transportasi. 

Anda bisa berjalan kaki. Selain mengurangi pengeluaran bahan bakar, anda juga otomatis berolahraga. 

Dengan mengurangi penggunaan alat transportasi ini, anda pasti lebih menghemat biaya bahan bakar, dan tentu hal ini akan berdampak pada penghematan yang cukup besar bila diakumulasi selama satu bulan. 

7. Melakukan aktivitas olahraga / refreshing gratis

Lakukan aktivitas olahraga atau refreshing yang tidak mengeluarkan biaya. Misalnya jalan kaki di taman, jogging, jalan-jalan di sekitar kompleks perumahan anda, bersepeda, dan lain-lain. 

Saat ini memang ada banyak aktivitas olahraga, di mana anda harus membayar untuk bisa menikmati aktivitas tersebut. Misalnya, bermain golf, menyewa lapangan badminton. Nah, buat anda yang ingin menekan pengeluaran, anda bisa mencoba aktivitas2 olahraga yang gratis ini. 

8. Membeli barang diskon

Untuk anda yang mau menghemat uang, anda bisa membeli barang2 kebutuhan ketika harganya sedang ada diskon. Pada saat ada harga diskon, anda bisa membeli barang2 dengan jumlah lebih banyak, sehingga ketika nantinya barang tersebut sudah tidak ada diskon, anda sudah memiliki persediaan untuk jangka waktu kedepan. 

Dan tentunya, anda sudah menghemat pengeluran, dengan mendapatkan barangnya terlebih dahulu dengan harga yang lebih murah.

9.  Hindari utang / penggunaan kartu kredit

Jika anda mau berhemat, jangan pernah berhutang! Hindari penggunaan kartu kredit. Jika anda berhutang, mungkin anda seolah tidak melakukan pengeluaran apapun, karena anda meminjam uang. Namun dalam jangka tertentu, anda harus mengembalikan uang. Dalam hal ini, anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membayar pinjaman. 

10. Mengevaluasi pengeluaran yang kurang diperlukan

Langkah ini sangat penting. Banyak orang yang tidak memahami mengapa pengeluarannya selalu tekor setiap bulan. Maka dari itu, yang perlu anda lakukan adalah: Evaluasilah pengeluaran apa yang paling boros yang anda lakukan. 

Ketika anda mengetahui apa yang menyebabkan pengeluaran anda membengkak, anda bisa mengurangi pengeluaran2 yang kurang diperlukan tersebut. Jika anda tidak mengevaluasi, tanpa anda sadari anda akan terus melakukan hal tersebut, sehingga pengeluaran anda semakin besar. 

Oke, 10 cara ini merupakan cara mudah menghemat uang setiap hari. Dan cara-cara ini sebenarnya simpel, tidak sulit dilakukan. Jadi untuk bisa menghemat uang setiap hari dari pemasukan (gaji) yang anda dapatkan, rumusnya adalah anda harus hidup hemat.. Jika digambarkan, maka berikut adalah langkah2 tips menghemat uang:

Tips hidup hemat
Itulah rumus tips menghemat uang setiap hari. Mulailah dengan mindset hidup hemat. Yaitu pangkaslah pengeluaran yang tidak diperlukan dengan 10 cara itu tadi. Dengan demikian, anda bisa meningkatkan jumlah tabungan anda, di mana tabungan anda ini bisa anda investasikan kembali, dan anda gunakan untuk keperluan darurat. Baca juga: 4 Jenis Invesasi yang Aman. 

0 comments:

Post a Comment