Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

6 Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

El Heze
Anda saat ini mungkin sedang memiliki utang yang masih belum bisa anda lunasi, dan bahkan mungkin anda memiliki utang dalam jumlah besar. Utang yang besar / menumpuk seringkali membuat seseorang stress dan bingung bagaimana harus melunasi utang yang menggunung tersebut. 

Tentu saja banyak jalan menuju roma agar anda bisa melunasi utang yang menumpuk. Ada beberapa tips, cara dan strategi agar anda bisa segera melunasi utang2 anda, sehingga anda terbebas dari beban utang.  Berikut adalah 6 cara melunasi hutang yang menumpuk

1. Mengatur jadwal untuk melunasi utang

Anda harus mulai mengatur jadwal rutin untuk melunasi utang, sehingga dengan adanya jadwal melunasi utang, anda tidak selalu menunda-nunda untuk melunasi utang. Selain jadwal, anda juga harus menyisihkan sejumlah uang secara rutin untuk anda bayarkan utang anda secara bertahap. 

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk melunasi utang lebih cepat adalah: Atur jadwal dan segera sisihkan uang sejumlah tertentu (yang anda mampu) untuk melunasi utang. 

Banyak orang yang suka menunda waktu dan tidak memiliki perencanaan jadwal dan menyisihkan uang untuk membayar utang, sehingga ketika mereka mendapatkan gaji / uang, mereka langsung menggunakannya untuk foya-foya / senang2, sehingga otomatis utang tidak akan kunjung lunas.  

2. Kurangi pengeluaran anda, dan sisihkan tabungan untuk melunasi utang 

Anda ingin utang anda cepat lunas? Anda harus sedikit berkorban. Jika anda sekarang memiliki cukup banyak pengeluaran, maka anda harus memangkas pengeluaran anda. Cara-cara memangkas pengeluaran yang kurang diperlukan, bisa anda baca lagi di tulisan saya disini: 10 Cara Mudah Menghemat Uang Setiap Hari. 

Ketika anda memangkas pengeluaran, anda pasti akan memiliki tabungan yang lebih banyak. Tabungan anda ini hendaknya anda sisihkan lebih banyak untuk melunasi utang2 anda terlebih dahulu. 

Tentu saja rasanya berat, tapi kalau anda ingin utang anda cepat lunas, anda harus melakukannya. Anda harus sedikit berkorban. Banyak orang yang tidak mau berkorban dengan mengurangi pengeluarannya... 

"Gue kan juga punya hak buat senang2. Kenapa harus kurangi pengeluaran?"
"Ntar aja lah bayar utangnya.. Nanti bisa lunas kok"
"Nggak bisa enjoy donk kalau harus kurangin pengeluaran"

Mindset2 seperti inilah yang menyebabkan anda sulit melunasi hutang yang menumpuk. Langkah kedua ini harus anda terapkan jika anda ingin utang anda lebih cepat lunas. Intinya, selama anda masih ada banyak utang, prioritaskan untuk melunasinya terlebih dahulu. 

3. Merubah gaya hidup anda

Ada baiknya anda merubah gaya hidup anda. Misalnya, jika anda sering membeli barang2 mahal yang sebenarnya bisa anda tunda (seperti jam tangan, sepatu mahal, baju baru), anda harus menahan diri terlebih dahulu. Sehingga, pengeluaran2 yang kurang diperlukan dari gaya hidup tersebut bisa anda daya-gunakan untuk melunasi utang-utang yang lebih cepat.  

4. Jangan menambah utang ketika anda masih punya utang 

Ingat peraturannya: Ketika anda masih memiliki utang, jangan pernah menambah utang untuk melunasi utang anda. Ini ibaratnya anda menambah lobang pada perahu yang sedang bocor, dengan harapan air-nya bisa keluar. Yang justru terjadi adalah, air yang masuk ke perahu akan semakin banyak. 

Kalau anda ingin utang anda cepat lunas, lakukan tiga langkah yang saya tuliskan diatas, dan jangan berutang sepersenpun ketika anda masih memiliki utang yang menumpuk. 

5. Lunasi utang anda yang paling besar / jatuh tempo paling cepat

Tips melunasi utang adalah: Lunasi dahulu utang yang paling besar. Hal ini akan berpengaruh secara psikologis. Kalau anda melunasi utang dari yang paling besar, anda akan merasa semakin ringan dan mudah untuk melunasi utang2 yang jumlahnya lebih kecil. 

Selain itu, anda juga bisa memprioritaskan untuk melunasi utang2 yang punya jatuh tempo paling cepat / awal. Hal ini bisa anda terapkan kalau anda memiliki utang di bank. 

6. Important lesson: Jangan pernah berhutang

Setelah anda berhasil melunasi utang yang menumpuk, ambil pelajaran penting: Jangan pernah berutang lagi, terutama kalau tidak untuk momen yang sangat penting atau anda tidak yakin bisa melunasinya. 

Sebisa mungkin, jangan pernah memakai utang. Jangan suka menggunakan kartu kredit untuk hal2 yang kurang diperlukan / untuk tujuan konsumerisme. Anda bisa belajar dari salah satu investor saham dunia, Warren Buffet, di mana beliau tidak pernah menggunakan utang untuk kehidupan sehari2 maupun untuk menanamkan dananya di investasi. 

Memiliki hutang yang menumpuk itu memang cukup berat. Maka dari itu, jangan sampai anda mengulangi kesalahan yang sama. 

Itulah 6 cara melunasi hutang yang menumpuk dengan cepat. Untuk lebih memahaminya, saya akan ringkas 6 cara melunasi hutang yang menumpuk. Perhatikan bagan berikut:
Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

0 comments:

Post a Comment