Website tentang analisis ilmu ekonomi, pelajaran ekonomi, akuntansi, berita ekonomi Indonesia dan dunia

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Rp3 Juta

El Heze
Bagaimana cara mengatur keuangan dengan gaji Rp3 juta per bulan? Kita tahu bahwa di zaman milenial ini, gaji Rp3 juta per bulan bukanlah gaji yang besar. Apalagi jika anda sudah berkeluarga, atau anda yang merantau di luar kota, maka anda harus menambah pengeluaran yaitu membayar uang kos. 

Tetapi bukan berarti anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik dengan gaji Rp3 juta tersebut. Bahkan, dengan gaji Rp3 juta per bulan, anda tetap bisa menabung. 

Hal ini juga pernah saya alami ketika saya harus merantau di luar kota dengan gaji Rp3 juta per bulan, dan harus membayar uang kos sebesar Rp550.000 per bulan. Maka ini menjadi tantangan tersendiri untuk bisa mengelola uang dengan gaji Rp3 juta per bulan, di mana dengan gaji Rp3 juta, kita tetap harus bisa menyisihkannya untuk menabung. 

Oke, berikut adalah beberapa tips tentang cara mengatur keuangan dengan gaji Rp3 juta per bulan: 

1. Lakukan komitmen untuk sisihkan pengeluaran minimal 10% untuk ditabung 

Ketika mendapatkan gaji, anda harus memiliki komitmen untuk menyisihkan sebesar 10% minimal untuk anda tabung. Itu artinya, anda harus memiliki tabungan minimal Rp300.000 (10% dari Rp3.000.000). 

Jadi anda mendapatkan gaji anda sebesar Rp3 juta, gaji bersih yang anda gunakan untuk belanja dan keperluan lain hanya Rp2,7 juta. Rp300 ribu sisanya langsung masukkan tabungan. Inilah pentingnya anda memiliki mindset menabung. 

Dengan mindset menabung, anda bisa memiliki mindset untuk berhemat, sehingga anda bisa selalu berpikir menyisihkan uang setiap kali anda mendapatkan gaji. Tapi kalau anda punya mindset konsumerisme, maka setiap anda mendapatkan gaji anda akan berpikir untuk menghabiskan gaji yang anda dapatkan. 

Jadi, mulai sekarang anda harus memiliki mindset menabung, dan selalu sisihkan pengeluaran anda minimal 10% untuk ditabung. 

2.  Hitung dan evaluasi pengeluaran utama anda

Pengeluaran utama yang harus dilakukan semua orang adalah: 

  • Kebutuhan makan
  • Peralatan pribadi (untuk mandi, mencuci pakaian)
  • Uang bensin kendaraan
  • Membayar uang kos (untuk anda yang bekerja di luar kota)

Pengeluaran2 utama yang harus dilakukan semua orang sebenarnya mencakup pengeluaran2 utama tersebut. Ketika mendapatkan gaji, anda harus menghitung pengeluaran2 anda, dan jangan sampai melebihi budget anda. Contoh perhitungannya seperti dibawah ini:  

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Rp3 Juta
Diatas adalah contoh pengeluaran dengan gaji Rp3 juta per bulan. Karena di awal anda harus berkomitmen menyisihkan uang 10% untuk ditabung, maka Rp300.000 masukkan di tabungan anda. 

Anda bisa lihat bahwa pengeluaran2 utama setelah di-estimasi, anda masih tetap bisa menabung minimal Rp300 per bulan. Pengeluaran2 yang saya tuliskan diatas, bisa anda "modifikasi" sendiri. Artinya, anda bisa berhemat lagi sesuai kemampuan anda. Misalnya, anda bisa memutuskan untuk memasak sendiri, untuk menghemat budget kebutuhan makan. 

Setelah dikurangi kebutuhan2 utama, ternyata masih ada sisa sebesar Rp650.000 yang masuk pos pengeluaran tak terduga. Pengeluaran tak terduga adalah pengeluaran2 diluar kebutuhan utama anda. 

Misalnya, anda ingin menyisihkan uang anda untuk rekreasi, jalan-jalan atau kebutuhan lain yang tak terduga, maka anda bisa mengambil uang tersebut dari pos pengeluaran tak terduga. 

Kalau ternyata di bulan tersebut, masih ada sisa uang dari pengeluaran tak terduga, maka anda bisa masukkan uang tersebut untuk ditambahkan dalam tabungan anda. 

3. Pangkas pengeluaran yang tidak diperlukan atau pengeluaran yang bisa ditunda 

Pengeluaran2 yang tidak diperlukan seperti: 

  • Terlalu sering hang out
  • Membeli barang2 mewah
  • Membeli barang2 yang sebenarnya kurang diperlukan / bisa ditunda (seperti jam tangan, atau anda sering beli baju / sepatu padahal anda masih punya dan layak pakai)
Intinya, pengeluaran2 diluar kebutuhan utama yang sifatnya bisa ditunda, tidak masuk di kebutuhan utama, yang berpengaruh besar pada pengeluaran anda, pengeluaran2 tersebut harus anda pangkas, sehingga dengan memangkas pengeluaran yang kurang diperlukan, anda bisa menabung lebih banyak. 

4. Investasi dari tabungan anda 

Sebagian dari tabungan anda, hendaknya anad investasikan, karena percayalah dengan investasi nilai aset anda akan berkembang jauh lebih banyak, ketimbang anda hanya mendiamkan uang anda di rekening tabungan. 

Ada beberapa macam jenis investasi yang aman yang bagus untuk pemula. Anda bisa baca-baca kembali tulisan saya disini: 4 Jenis Investasi yang Aman.  

Itulah cara mengatur keuangan dengan gaji Rp3 juta. Jadi kita gambarkan dalam skema, berikut  langkah yang harus anda lakukan, agar dengan gaji yang kecil, anda tetap bisa menabung dan mengembangkan aset anda: 

Mengatur Keuangan dengan Gaji Rp3 Juta per Bulan
Sekarang coba teman-teman terapkan tips2 yang saya tuliskan diatas. Dan teman2 pasti akan merasakan manfaatnya di kemudian hari. Nggak ada istilah tanggal tua kalau anda bisa mengelola keuangan dengan baik walaupun dengan gaji yang minim.

0 comments:

Post a Comment