Baca pos sebelumnya di Bagian I: Uji Regresi: Contoh Soal Regresi Linier Berganda + Analisis - Bagian I. Di bagian I sudah saya jelaskan contoh soal regresi linier berganda dan langkah-langkah pengujiannya ke dalam SPSS. Di Bagian II, saya akan membahas output serta analisis dan interpretasinya.
(Klik gambar untuk memperbesar)
Analisis:
Ø
Pada
tabel Descriptives Statistics dapat
dilihat bahwa tingkat penjualan rata-rata (dari nilai Mean) yang dipengaruhi oleh biaya produksi, biaya distribusi dan
biaya promosi yang memiliki jumlah data 15 buah adalah 2.20E8 dengan standar
deviasi 7.771E7.
Ø
Besarnya
hubungan antar variabel Tingkat Penjualan (Y) dengan Biaya Produksi (X1) yang
dilihat pada tabel Correlations dengan
koefisien korelasi adalah sebesar 0.955, sedangkan variabel Tingkat Penjualan (Y)
dengan Biaya Distribusi (X2) adalah sebessar 0.882, dan variabel Tingkat
Penjualan (Y) dengan Biaya Promosi (X3) adalah sebsesar 0.983. Secara teori,
karena korelasi antara Tingkat Penjualan (Y) dengan Biaya Promosi (X3) lebih
besar daripada Biaya Produksi (X1) dan Biaya Distribusi (X2), maka dapat
dikatakan bahwa variabel Biaya Promosi (X3) lebih berpengaruh terhadap Tingkat
Penjualan perusahaan dibandingkan dengan Biaya Produksi (X1) dan Biaya
Distribusi (X2).
Ø Tingkat signifikansi koefisien
korelasi satu sisi (Sig 1-tailed) dari
output yang diukur dari probabilitas menghasilkan
angka sebesar 0.000, 0.000 dan 0.000. Karena probabilitas berada jauh dibawah
0.05 maka korelasi di antara variabel Tingkat Penjualan dengan Biaya Produksi
(X1), Biaya Distribusi (X2) dan Biaya Promosi (X3) adalah sangat nyata. Jika
probabilitas berada diatas 0.05, maka koefisien korelasi variabel dependen
dengan variabel independen dapat dikatakan tidak kuat.
[Bagi rekan-rekan yang ingin belajar analisis laporan keuangan, sedang melakukan penelitian akuntansi tentang analisis laporan keuangan, rekan2 bisa mendapatkan ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik. ]
[Bagi rekan-rekan yang ingin belajar analisis laporan keuangan, sedang melakukan penelitian akuntansi tentang analisis laporan keuangan, rekan2 bisa mendapatkan ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik. ]
Output ketiga dan keempat
(Klik gambar untuk memperbesar)
Analisis:
Ø
Tabel
Variable Entered menunjukkan bahwa tidak
ada variabel yang dikeluarkan (removed), atau dengan kata lain kedua variabel
bebas dimasukkan dalam perhitungan regresi.
Ø Angka Adjusted R Square pada tabel
Model Summary adalah 0.979. Hal ini
mengindikasikan bahwa 97.9% dari variasi Tingkat Penjualan dapat dijelaskan oleh
variabel Biaya Produksi (X1), Biaya Distribusi (X2) dan Biaya Promosi (X3).
Sedangkan sisanya (100% - 97.9%= 2.1%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang
tidak dijelaskan atau dimasukkan dalam kasus ini.
Perhatikan perbedaan antara R Square dengan Adjusted R Square!
Jika dalam suatu penelitian regresi,
variabel independen yang digunakan lebih dari 2 variabel, maka Adjusted R
Square digunakan untuk analisis. Jika variabel independen yang digunakan hanya
1 atau 2 variabel saja, maka R Square digunakan untuk analisis regresi.
Ø Angka Standard Error of Estimate adalah sebesar 1.127E7 (angka yang
dipakai adalah variabel dependen atau dalam hal ini adalah Tingkat Penjualan).
Pada analisis sebelumnya, Standar
Deviasi Tingkat Penjualan adalah pada tabel Descriptives Statistics adalah sebesar 7.771E7 (77.710.000.000),
dimana standar deviasi memiliki nilai yang lebih besar daripada standard error
of estimate yang hanya sebesar 1.127E7. Hal ini mengindikasikan bahwa model
regresi lebih bagus bertindak sebagai prediktor Tingkat Penjualan daripada rata-rata
Tingkat Penjualan itu sendiri.
Output kelima dan keenam
Analisis:
Ø
Dari
uji ANOVA atau F test pada hasil output diatas dapat dilihat bahwa nilai F
sebesar 218.339 dengan tingkat signifikansi 0.000. Karena probabilitas (0.000)
berada dibawah 0.05, maka dapat dikatakan bahwa model regresi dapat digunakan untuk
memprediksi variabel Tingkat Penjualan. Atau dapat dikatakan Biaya Produksi
(X1), Biaya Distribusi (X2) dan Biaya Promosi (X3) bersama-sama berpengaruh
terhadap Tingkat Penjualan.
Ø
Persamaan
model regresi dalam kasus ini yang dapat dilihat pada tabel Coefficient dapat dirumuskan sebagai
berikut:
Y=
-6.623E7 + 3.109X1 + 0.572X2 + 7.894X3
Keterangan:
Y: Tingkat Penjualan
X1:
Biaya Produksi
X2:
Biaya Distribusi
X3:
Biaya Promosi
Ø
Nilai
konstanta sebesar -6.623E7 menyatakan bahwa jika tidak ada Biaya Produksi,
Biaya Distribusi dan Biaya Promosi dalam sebuah penjualan, maka Tingkat
Penjualan akan berkurang sebesar Rp66.230.000.000
Ø
Koefisien
regresi Biaya Produksi sebesar 3.109 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena
bertanda positif) Rp1 Biaya Produksi akan meningkatkan Tingkat Penjualan
sebesar Rp3.109.
Ø
Koefisien
regresi Biaya Distribusi sebesar 0.572 menyatakan bahwa setiap penambahan
(karena bertanda positif) Rp1 Biaya Distribusi perusahaan akan meningkatkan Tingkat
Penjualan sebesar Rp0.572.
Ø
Koefisien
regresi Biaya Promosi sebesar 7.894 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena
bertanda positif) Rp1 Biaya Promosi perusahaan akan meningkatkan tingkat
penjualan sebesar Rp7.894
Ø uji t untuk menguji signifikansi konstanta dan variabel dependen. Hal ini dapat
dilihat pada angka SIG (singkatan dari signifikansi atau besaran nilai
probabilitas) pada tabel Coefficient. Pada
tabel tersebut didapatkan angka SIG sebesar 0.089 dimana nilai ini berada
dibawah 0.05. Maka, dapat dikatakan ketiga koefisien regresi tidak signifikan,
atau dapat dikatakan Produksi, Biaya Distribusi dan Biaya Promosi tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap Tingkat Penjualan.
Bagi rekan-rekan yang ingin belajar analisis laporan keuangan, sedang melakukan penelitian akuntansi tentang analisis laporan keuangan, rekan2 bisa mendapatkan ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik.
Bagi rekan-rekan yang ingin belajar analisis laporan keuangan, sedang melakukan penelitian akuntansi tentang analisis laporan keuangan, rekan2 bisa mendapatkan ebooknya disini: Buku Analisis Laporan Keuangan + Bonus Ebook Statistik.
0 comments:
Post a Comment